Ridwan Kamil Tegaskan Penonton Persib Tanpa Tiket Jangan Hadir ke Stadion

- Senin, 20 Juni 2022 | 13:17 WIB
Ridwan Kamil | Ridwan Kamil menegaskan berbagai pihak terkait harus melakukan evaluasi secara menyeluruh baik Bobotoh, panpel, hingga bagian pengamanan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Ridwan Kamil | Ridwan Kamil menegaskan berbagai pihak terkait harus melakukan evaluasi secara menyeluruh baik Bobotoh, panpel, hingga bagian pengamanan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengucapkan duka cita secara mendalam atas insiden meninggalnya dua Bobotoh yakni Asep Ahmad Solihin dan Sopiana Yusup di Stadion GBLA pada laga Piala Presiden 2022 antara Persib dan Persebaya Jumat pekan lalu.
 
"Saya turut berduka cita atas kejadian ini,  saya sudah kirim bunga duka juga kepada 2 korban dari Kota Bandung dan Bogor," ujar Ridwan Kamil di Sumedang, Senin, 20 Juni 2022.
 
Berkaca dari insiden tersebut, Ridwan Kamil menegaskan berbagai pihak terkait harus melakukan evaluasi secara menyeluruh baik Bobotoh, panpel, hingga bagian pengamanan yang harus diperluas cakupannya. 
 
“Pertama untuk Bobotoh kalau tidak punya tiket, jangan datang! Ikutilah aturan, hidup ini harus selalu ikut aturan. Ini adalah contoh kalau hidup tidak ikut aturan,” tegas Emil, sapaan akrabnya. 
 
 
Bahkan, Emil menyinggung dalam gelaran Piala Presiden Persib dan Persebaya di Stadion GBLA kemarin penonton yang datang ke Stadion membeludak, padahal tiket yang disediakan oleh panitia hanya 15 ribu tiket. 
 
“Berarti, banyak yang datang tidak pakai tiket, itu saja sudah salah,” ujarnya. 
 
Insiden dua Bobotoh tewas di gerbang masuk Stadion GBLA. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S.)
 
Selanjutnya, Emil menyoroti pengamanan di stadion GBLA yang kurang ketat, sehingga penonton yang tidak memiliki tiket masih bisa menerobos masuk hingga ke dalam Stadion
 
“Masukan dari saya, lain kali kalau di GBLA dicegatnya itu jauh-jauh dari stadionnya, jadi kayak di PON Papua berlapis-lapis. Dari ujung jalannya bagi yang gak punya tiket, sudah, gak boleh mendekati, yang mendekati yang punya tiket,” kata Emil. 
 
Sedangkan pada laga kemarin, lanjut Emil, dirinya masih melihat penonton tak bertiket masih bisa menjangkau gerbang GBLA.
 
 
"Itu sudah bocor menurut saya, harusnya dari jauh-jauh, sekian KM, orang yang tidak bertiket sudah gak boleh masuk, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," lanjut Emil. 
 
Terakhir, Emil juga menyampaikan mudah-mudahan insiden semacam kemarin tidak terulang lagi baik di persepakbolaan Jawa Barat, maupun Indonesia. 
 
“Mudah-mudahan tidak terulang lagi, karena buat apa bersepakbola kalau harus mengorbankan nyawa manusia, menurut saya tidak selayaknya kita hidup seperti itu,” tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X