Sejarah Bandung Raya yang Kini Bernama Madura United

- Selasa, 28 Desember 2021 | 17:17 WIB
Bicara sejarah Bandung Raya sebenarnya sama dengan membicarakan perjalanan Persib Bandung juga. Klub sepak bola itu kini jadi Madura United. (Wikimedia Commons)
Bicara sejarah Bandung Raya sebenarnya sama dengan membicarakan perjalanan Persib Bandung juga. Klub sepak bola itu kini jadi Madura United. (Wikimedia Commons)

Bicara sejarah Bandung Raya sebenarnya sama dengan membicarakan perjalanan Persib Bandung juga. Klub sepak bola itu kini jadi Madura United.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Dominasi pentas sepak bola di Jawa Barat, khusunya di Bandung yang paling menonjol ialah Persib Bandung.

Persib yang berdiri sejak 1933 menjelma sebagai salah satu klub terbaik. Segudang prestasi sampai basis fans yang militan membikin klub yang dijuluki maung bandung ini begitu populer di Jawa Barat.

Di balik hegemoni Persib yang mendominasi persepakbolaan di Jawa Barat, Persib sendiri ternyata mempunyai "adik", Klub yang dimaksud ialah, Bandung Raya. Klub dengan julukan "Maung Totol" ini, merupakan klub sepak bola semi-profesional yang berbasis di Bandung. Berdiri pada era kompetisi Liga Sepak Bola Utama (Galatama), Bandung Raya didirikan pada tahun 1985.

Berdasarkan ringkasan Ayobandung.com dari berbagai sumber, Bandung Raya merambah ke jagat sepak bola Indonesia sejak 1987. Ketika itu, Bandung Raya berlaga pada kompetisi semi-profesional Galatama. Bandung Raya menjadi klub ketiga yang bernaung di Bandung setelah Sari Bumi Raya dan Tempo Utama.

Baca Juga: Menanti Mentalitas Juara Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020

Baca Juga: Sejarah Masjid Salman ITB

Debut Bandung Raya di Galatama pada musim 1987/1988 tak mengesankan. Mereka terempas ke urutan klasemen akhir.

Pada musim berikutnya, 1988/1989, mereka riang karena naik ke posisi tujuh klasemen akhir. Pencapain tersebut buah dari perekutan beberapa mantan pemain Persib.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Klopp Ogah Datangkan Mbappe ke Liverpool

Rabu, 18 Mei 2022 | 17:04 WIB
X