Bendera Merah Putih Tak Berkibar Saat Indonesia Juara Thomas, Taufik Hidayat Meradang

- Senin, 18 Oktober 2021 | 05:55 WIB
Bendera PBSI berkibar saat Indonesia juara Piala Thomas di Denmark, Minggu, 17 Oktober 2021. (Instagram/@taufikhidayatofficial)
Bendera PBSI berkibar saat Indonesia juara Piala Thomas di Denmark, Minggu, 17 Oktober 2021. (Instagram/@taufikhidayatofficial)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada pemandangan tidak biasa saat upacara pengalungan medali juara Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu, 17 Oktober 2021. Bendera yang dikibarkan tim Indonesia bukan bendera merah putih, melainkan bendera Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Padahal Indonesia telah berhasil menyabet gelar juara Piala Thomas setelah 19 tahun. Indonesia menjadi kampiun Piala Thomas 2020 usai mengalahkan Cina dengan skor 3-0.

Situasi ini menjadi pertama kalinya bendera negara pemenang Piala Thomas tak dikibarkan di atas podium. Padahal, bendera Cina selaku runner-up Piala Thomas 2020, serta Jepang dan Denmark yang merebut medali perunggu turut dikibarkan di podium.

Pebulutangkis senior Taufik Hidayat meradang melihat hal tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya @taufikhidayatofficial, dia mempertanyakan upaya apa yang sudah dilakukan pemerintah.

"Bendera merah putih gak ada? Diganti dengan bendera PBSI. Ada apa dengan LADI dan pemerintah kita? Khusunya Menpora Koni dan Koi?" ujarnya, Minggu, 17 Oktober 2021.

Taufik Hidayat juga menyayangkan pemerintah tak bisa langsung mengurusi masalah yang menimpa Indonesia.

"Kerjamu selama ini ngapain aja? Bikin malu negara Indonesia aja. Jangan ngarep jadi Tuan rumah olympic or piala dunia. Urusan kecil aja gak bisa beres. Kacau dunia olahraga ini," ujar pebulutangkis yang juga mengantarkan Indonesia juara Piala Thomas 2002.

Lrangan pengibaran bendera Merah Putih ini berkaitan dengan permasalahan World Anti Doping Agency (WADA). WADA menyebut Indonesia tak patuh dalam program uji tes doping.

Pada 15 September 2021, WADA mengirim surat pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait ketidakpatuhan program uji doping.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Detik-detik Lawan Jojo, Anders Antonsen Mundur!

Jumat, 26 November 2021 | 13:42 WIB
X