Pakar Beberkan Motif PIF Beli Newcastle United: Punya Saham di Facebook, Starbucks, dan Pfizer

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:57 WIB
Pemilik baru Newcastle United, Public Investment Fund (PIF), sedang jadi bahan berita panas nan populer dalam seminggu ini.  (Pixabay/jorono)
Pemilik baru Newcastle United, Public Investment Fund (PIF), sedang jadi bahan berita panas nan populer dalam seminggu ini. (Pixabay/jorono)

PIF memiliki 80 persen saham Newcastle United. Selain itu, mereka juga berinvestasi di Disney, Uber, Facebook, Starbucks, dan Pfizer.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pemilik baru Newcastle United, Public Investment Fund (PIF), sedang jadi bahan berita panas nan populer dalam seminggu ini. 

Bukan tanpa sebab, PIF jadi bahan perbincangan yang viral di berbagai plaform, lantaran kekayaannya yang luar biasa. 

Dalam kesepakatan yang diumumkan oleh Liga Inggris, PIF sukses mengambil alih mayoritas saham Newcastle United, dengan biaya sekitar 300 juta poundsterling. 

Banyak penggemar Newcastle United yang bahagia atas peresmian itu. Menariknya, ada juga penggemar sepak bola khawatir atas keterlibatan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dalam dunia sepak bola (khususnya di Liga Inggris).

Kontroversi dalam pembelian Newcastle United oleh PIF tak bisa dihilangkan dengan mudah, karena Mohammed bin Salman dikenal memiliki reputasi buruk dalam penegakan hak asasi manusia di Arab Saudi.

PIF Punya Saham di Facebook sampai Pfizer

Di balik kekayaan PIF yang kelewat banyak, apa yang mungkin tidak disadari oleh sebagian penggemar sepak bolah adalah fakta bahwa mereka mungkin selalu menggunakan produk yang yang juga dimiliki oleh PIF.

Banyak perusahaan yang mereka miliki sahamnya kemungkinan sering atau pernah kita dengar.

PIF telah berinvestasi di beberapa perusahaan besar, seperti Disney, Uber, Facebook, Starbucks dan perusahaan farmasi Pfizer.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X