Hendak Pensiun, Richard Mainaky Beberkan Kesulitan Latih Sektor Ganda Campuran

- Senin, 13 September 2021 | 11:32 WIB
Richard Mainaky
Richard Mainaky

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Richard Mainaky, memutuskan untuk pensiun sebagai kepala pelatih sektor ganda campuran PBSI. Richard akan resmi mengundurkan diri sebagai bagian dari Tim Indonesia mulai 27 September mendatang.

Dia mengatakan, alasannya pensiun adalah karena faktor keluarga. Richard membeberkan selama sibuk melatih di PBSI, dia hanya sedikit mempunyai waktu untuk keluarganya di rumah.

Baca Juga: Ayah Taqy Malik Jawab Begini Soal Tuduhan Penyimpangan Seksual

Maka dari itu, setelah ini dia akan memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Manado. Di kampungnya, Richard mengaku sudah membangun sebuah rumah dan restoran sebagai bisnisnya.

Kabar pensiun Richard sudah lama berhembus, bahkan sejak Olimpiade Rio 2016. Saat itu, ketika anak didiknya berhasil meraih medali emas lewat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Richard bertahan karena dia berpikir empat tahun lagi di Olimpiade Tokyo 2020 ada kesempatan untuk mempertahankan medali emas itu.

Selain itu, dia juga membeberkan kesulitan-kesulitannya dalam melatih sektor yang dahulu sempat menjadi anak tiri. Richard menungkap, kesulitan dihadapi karena dia harus melatih satu pasangan namun berbeda gender.

Baca Juga: Peretas Cina Diduga Bobol 10 Situs Kementerian dan BIN, Ini Respons Kominfo

"Yang putra lebih ke ego, sementara putri lebih ke perasaan. Tapi saya merasa ini adalah seni yang menantang, bukan beban," beber Richard dalam keterangan resmi melalui Tim Humas PBSI, Senin 13 September 2021.

Pria yang kerap disapa Kak Icad oleh anak-anak didiknya itu dikenal dengan pelatih bertangan dingin, tegas, disiplin, dan berkomitmen. Kehadirannya sejak tahun 1995 di PBSI, membawa perubahan yang sangat sigfinikan.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atlet Dayung Purwakarta Raih Medali Emas PON Papua 2021

Selasa, 28 September 2021 | 15:28 WIB

Hasil Piala Sudirman 2021: Sumbang Poin di Laga Penutup

Senin, 27 September 2021 | 15:00 WIB
X