Target Jabar di PON XX Papua: Wajib Pertahankan Gelar Juara!

- Kamis, 9 September 2021 | 19:51 WIB
Ilustrasi logo PON XX Papua 2021. (pssi.org)
Ilustrasi logo PON XX Papua 2021. (pssi.org)
CICENDO, AYOBANDUNG.COM — Tekad juara merupakan kunci utama kontingen Jawa Barat (Jabar) dalam mempertahankan gelar juara pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, yang dimulai 2 Oktober 2021 mendatang.
 
Tak hanya itu, menurut Wakil Ketua II Koni Jabar, Yunyun Yudiana, kekompakkan dan bersinergi antara cabor (cabang olahraga) terkait, serta dukungan dari berbagai faktor, juga merupakan faktor kesuksesan dalam meraih kemenangan di Papua nanti.
 
“Contohnya Humas (KONI Jabar) sudah mengedarkan banner, ini kan menjadi motivator (atlet). Kemudian dukungan-dukungan para stakeholder, para legenda, termasuk juga dukungan materi,” terang Yunyun ketika ditemui di gedung KONI Jabar, Jalam Padjadjaran, Bandung, Kamis, 9 September 2021.
 
Faktor x lainnya, kata Yunyun, mental para atlet Jabar juga mesti disiapkan sebaik mungkin, karena menurutnya kesiapan mental pemain juga merupakan kesuksesan pada cabor yang digelutli.
 
“Yang utama itu (mental) dulu, kalau sekarang tinggal uji mental karena fisik (kekuatan) sudah mereka (atlet) miliki tapi uji mental kan ini luar biasa. Akan mempengaruhi terhadap semua yang dia miliki,” jelasnya.
 
Sportivitas Adalah yang Utama
 
Walau mempertahankan gelar juara tidak semudah membalikkan telapak tangan, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil ingin seluruh kontingen Jabar untuk tetap menghormati dan menghargai pemain lawan dari kontingan daerah mana pun.
 
Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, diselenggarakannya PON XX Papua ini merupakan ajang menjunjung tinggi perlombaan sportivitas.
 
“Kami ingin menang terhormat jangan main kasar, jangan main yang bikin viral, perilaku ucapan tahan. Kita ini Siliwangi; silih asah, silih asuh, silih asih. Menang itu harus terhormat, olahraga itu perlombaan sportivitas,” kata Emil usai Pengukuhan dan Penglepasan Kontingen Jabar untuk PON XX/2020 Papua dan Peringatan Haornas 2021 di Gedung Sate, Kamis, 9 September 2021.
 
Pihaknya pun berpesan kepada para atlet, untuk dapat mengharumkan nama Jabar sebagai juara bertahan dalam PON XX Papua ini.
 
“Dari kurang lebih 37 cabang olahraga,  itu peluang medali emasnya juga sudah dihitung secara ilmiah. Dari 681 medali emas, kalau kita bisa meraih 23 persen saja yaitu 164 medali emas itu Insyaallah kita bisa meraih kembali, mempertahankan kembali juara umum,” jelasnya.
 
Jabar sendiri akan memberangkatkan sebanyak 1.239 kontingen pada PON XX Papua kali ini untik  37 cabang olahraga. Jumlah tersebut terdiri atas 770 atlet, 394 manajer, dan ofisial, serta 75 kontingen pendukung. [*]
 
 
 
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atlet Dayung Purwakarta Raih Medali Emas PON Papua 2021

Selasa, 28 September 2021 | 15:28 WIB

Hasil Piala Sudirman 2021: Sumbang Poin di Laga Penutup

Senin, 27 September 2021 | 15:00 WIB
X