Kehidupan Asmara Remaja di Era Media Sosial

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 20:30 WIB
Eksistensi hubungan asmara di media sosial seakan-akan hal yang wajib ketika menjalin hubungan di era digital ini.
Eksistensi hubungan asmara di media sosial seakan-akan hal yang wajib ketika menjalin hubungan di era digital ini.

Berkembangnya teknologi Komunikasi saat ini merupakan hal yang sangat fundamental bagi masyarakat luas. Dengan adanya teknologi, keterhubungan manusia satu dengan manusia lainnya dapat dengan mudah dilakukan dengan cepat juga efektif dalam satu waktu.

Salah satunya media sosial, dengan adanya media sosial mengubah bentuk interaksi dan cara kita berkomunikasi.

Dalam penggunaanya  memungkinkan pengguna dapat menerima dan menyebarkan informasi secara lebih luas, lebih mudah bersosialisasi, cara berekspresi diri baik itu dalam bentuk gambar, video, maupun tulisan.  Keberadaan media sosial tak asing lagi bagi remaja khususnya saat menjalin hubungan asmara, media sosial memudahkan pasangan remaja dalam berkomunikasi sehari hari seperti halnya telepon ataupun videocall, sebagai media berbagi cerita satu sama lain serta pemantauan aktivitas pasangan sehingga interaksi yang dilakukan seolah-olah dekat.

Pada tahap pendekatan, seorang remaja dapat mudah mengumpulkan data mengenai calon pasangannya mulai dari aktivitas sehari-hari, referensi terhadap apa yang dia suka, hal apa yang tidak disukai, sehingga dengan informasi yang kita dapat sedikit banyaknya akan lebih mudah mendekati seseorang serta memperkuat topik obrolan yang akan dibahas dan bagaimana kita berkomunikasi dengan calon pasangan tersebut.

Eksistensi hubungan di media sosial seakan-akan hal yang wajib ketika menjalin hubungan di era digital ini. Ketika sudah terjalin suatu hubungan, bentuk rasa cinta, keterbukaan, penerimaan atau penghargaan dapat dibuktikan melalui publikasi status hubungan di media sosial, seperti mengunggah foto dan video ketika bersama dengan caption dan emoticon yang mewakili perasaan mereka.

Tahap terakhir menjalin hubungan yaitu keterbukaan pasangan, sebagai pondasi kuat dalam berhubungan keterbukaan mengenai segala hal, dapat membangun kepercayaan satu sama lain. Salah satunya media sosial, pertukaran akun media sosial merupakan wujud keterbukaan dalam membangun kepercayaan pasangan. Dengan adanya pertukaran akun, dapat mengurangi ketidakpastian dan kecurigaan satu sama lain, keduanya dapat dengan bebas melakukan pengawasan aktivitas pasangan dalam bermedia sosial.

Kehidupan romantisme remaja ini sudah menempuh babak baru, dimana media sosial sebagai fasilitator  pengembangan hubungan asmara pada masa remaja, hal ini mengubah bagaimana cara berkomunikasi dan perilaku remaja yang ingin menjalin hubungan dengan lawan jenis ataupun yang sedang berhubungan. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Stereotip Kesetaraan Gender Perempuan

Senin, 6 Desember 2021 | 12:43 WIB

Lezatnya Nasi Ayam, Nasi Liwet Wong Semarang

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:09 WIB

Menguak Problem Mendasar Upah Buruh dan Solusinya

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:18 WIB

Kisah Barsisha dan Ajaran Berharga tentang Aib Manusia

Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB

Peluang Iran untuk Sedikit Bernapas

Senin, 29 November 2021 | 15:17 WIB

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB
X