Tips Melawan Pandemi Covid-19 Sesuai Ajaran Islam

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 19:45 WIB
Seorang warga melintas didepan mural sosialisasi protokol kesehatan di Gang Nangkasuni, Wastukencana, Tamansari, Kota Bandung. Mural ini merupakan rangka mensosialisasikan bahaya penyebaran Covid-19 kepada warga setempat, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.
Seorang warga melintas didepan mural sosialisasi protokol kesehatan di Gang Nangkasuni, Wastukencana, Tamansari, Kota Bandung. Mural ini merupakan rangka mensosialisasikan bahaya penyebaran Covid-19 kepada warga setempat, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia sejak 2019 hingga saat ini, dari kemunculan virus tersebut memberikan beberapa dampak kepada aktivitas masyarakat.

Penyebaran yang sangat cepat terutama pada tahun ini, membuat WHO memberikan himbauan untuk mengerjakan aktivitas baik bekerja, sekolah, kegiatan di luar dan lainnya dilakukan di rumah (WFH). Hal ini sejalan dengan keputusan pemerintah pada akhir-akhir ini yang memberikan keputusan berupa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Dalam hal ini kita juga diperintahkan untuk terus menjaga kesehatan, Islam mengajarkan beberapa cara untuk menjaga kesehatan di tengah merebaknya virus corona seperti sekarang ini. Kali ini penulis akan memberikan beberapa tips kesehatan dalam Islam, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan masker

Dalam penyebaran virus corona, bersin dan batuk seringkali menjadi media penularan. Menggunakan masker terbukti mampu mencegah terpapar serta penyebaran. Semakin bagus kualitas masker maka semakin efektif hasilnya.

Masker memang tidak disebut secara langsung dalam Al-Qur’an maupun hadis. Akan tetapi kita sebagai Muslim diwajibkan untuk menaati peraturan yang ada. Dengan memakai masker bukan berarti kita takut terhadap covid-19 tetapi justru karena kita takut kepada Allah.  Dengan menjalankan perintahnya, yaitu dilarangnya kita mencampakkan diri dalam kebinasaaan. Hal ini pun sejalan dengan firmanNya yang berbunyi:

‘‘Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.’’ (QS. Al-Baqarah 195)

Dengan memakai masker berarti kita telah menjaga diri sendiri dari tertular penyakit dari orang lain dan menularkannya kepada pihak lain.

  1. Tutup mulut ketika bersin

Menutup mulut ketika bersin merupakan salah cara supaya tetap sehat dan jauh dari covid-19. Tutup mulut ketika bersin dengan menggunakan dengan tisu atau sapu tangan, agar kuman maupun bakteri yang dikeluarkan tidak menyebar ke orang lain. Jika tak ada, maka tutuplah mulut dan hidung dengan tangan bagian dalam, akan tetapi sebelum menyentuh orang lain atau objek lainnya, pastikan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu.

Menutup mulut ketika bersin sejalan dengan pernyataan Abu Hurairah Ra: ‘‘Rasulullah Saw apabila bersin meletakkan tangan atau kainnya di mulut, lalu beliau menahan atau meredam suaranya.’’ (HR. Abu Daud dan Ahmad)

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Indonesia Lahan Proxy War?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:43 WIB

Insulinde Medaille untuk Kompetisi Klub Pribumi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:27 WIB

Karena Faktor China, Asean Sulit Menekan Myanmar

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:07 WIB

Hari Libur Tanggal Merah Keagamaan Diundur, Perlukah?

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:55 WIB

Babak Belur Peternak Ayam Petelur

Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Sejarah Stasiun Padalarang: Kenangan Dahulu dan Kini

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:04 WIB

Catch Me if You Can di Tjimahi Tempo Doeloe

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:33 WIB

Nicolaas Vink, 50 Tahun Menjadi Anggota UNI

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Misteri Perang Bubat IV: Kolofon Carita Parahyangan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:36 WIB

Menyoal Upaya Pemulihan Ekonomi, Perlukah Alih Konsep?

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:58 WIB

Instagram Memang Asyik, Tetapi Mengapa Digugat?

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:38 WIB

Memerdekakan Diri untuk Membaca Budaya

Senin, 11 Oktober 2021 | 16:21 WIB
X