Tips Menghindari Berita Hoax Yang Sangat Meresahkan Warga

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:53 WIB
Ilustrasi -- Berita Hoax.
Ilustrasi -- Berita Hoax.

Berita hoax merupakan suatu berita yang disampaikan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan berita yang tidak benar. Di zaman yang sangat canggih seperti sekarang ini sudah sangat tidak asing lagi dengan berita hoax. Karena memang kecepatan dari penyebaran informasi sangatlah mempengaruhi, maka seringlah terjadi adanya berita bohong.

Berita bohong ini sendiri sangatlah membawa hal buruk bagi warga, terutama dari orang tua. Biasanya kebanyakan orang tua yang sering mempercayai berita ini, dan tak jarang karena mereka telah mempercayai hal ini, langsung dibagikan kepada teman yang lain untuk mengetahui hal yang sama juga. Lantas jika seperti itu hal apa saja yang harus dilakukan untuk menghindari berita bohong ini, berikut beberapa caranya :

1. Jangan Mudah Percaya Terhadap Suatu Berita

Hal ini merupakan yang paling penting untuk diperhatikan, karena kebanyakan orang langsung percaya terhadap suatu berita tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Jika terus menerus mudah percaya terhadap suatu berita yang belum tentu benar ini, nantinya akan dapat membodohi diri kita. Sebisa mungkin diri sendiri ini dapat membedakan mana berita yang memang benar dan mana berita yang salah. Ini bisa dibedakan dari media mana mendapatkan informasi. Carilah media informasi yang terpercaya, dan juga jika mendapatkan informasi sebuah berita hanya dari sebuah link itu sangat rentan akan berita bohong. Sebisa mungkin untuk membaca suatu berita itu dari portal media yang resmi, bukan dari sebaran berita dari orang lain. Yang perlu sangat diwaspadai, ketika sangat mudah percaya terhadap suatu berita dan sudah menyebarkan kepada orang lain, berarti itu telah termasuk kedalam penyebaran berita bohong. Memang jika berita bohong ini pasti akan lebih menarik untuk dibaca, tetapi tidak akan mendapatkan informasi tambahan atas berita yang telah dibaca. 

2. Perhatikan Judul Berita

Mengapa hal ini harus diperhatikan? Karena biasanya berita yang mengandung unsur berita bohong ini akan selalu menggunakan judul yang berlebihan dan terkesan lebay. Hal ini dilakukan memang agar masyarakat tertarik untuk membacanya. Karena memang sebagian besar masyarakat Indonesia ini sangat melirik hal yang seperti ini, sehingga para pembuat berita bohong ini akan melakukannya dengan memberi judul yang terkadang tidak sesuai denga isi berita yang disajikan. Jika judul berita pada umumnya itu tida akan menggunakan judul yang berlebihan. Media yang baik itu akan selalu memperhatikan hal ini, dan ini juga merupakan hal penting jangan sampai membuat juduk berita dengan seenaknya, hanya karena mengejar readers. Jadi bagi yang suka membaca berita harus sangat memperhatikan hal ini, dan juga hal ini sangat mudah dibedakan, jadi jangan sampai salah menilai. Jika suatu berita sudah sangat tidak baik dari segi pemilihan judul, tentu isinya pun akan tidak terlalu jauh. Maka dari itu sebagai pembaca pintarlah dalam memilih berita, yang mana sekiranya cocok untuk dibaca dan mana yang bukan. Dengan adanya pemilihan membaca sebuah berita ini bukan berarti ribet, namun saja untuk melakukan pencegahan agar tidak termakan berita bohong, yang pastinya di zaman sekarang ini sangat mudah tersebar dimana- mana.
 
3. Cermati Keaslian Foto

Biasanya jika berita itu merupakan berita bohong akan sering menggunakan foto palsu, atau bahkan mencuri foto suatu kejadian yang sudah lama terjadinya, namun diakui oleh oknum yang tidak bertanggung jawab bahwa foto tersebut merupakan foto yang sedang terjadi seperti apa yang diberitakan. Jadi sebagai pengguna media sosial yang bijak, tentunya harus lebih memeriksa apakah foto tersebut itu benar, atau memang benar foto itu ada namun kejadian dalam foto tersebut bukan ada di Indonesia. Mungkin jika melihat dari hal ini banyak orang yang keliru, karena memang mencari foto yang asli ini kadang sangatlah sulit unruk ditemukan. Maka dari itu biasanya hal inilah yang menjadi faktor utama banyaknya berita bohong, dengan memalsukan foto kejadian. Mungkin jika tidak terlalu cermat terhadap suatu foto akan sangat mudah dibohongi. Dan juga sudah dikatakan sebelumnya bahwa pengambilan foto untuk memalsukannya biasanya diambil dari luar negeri. Dimana warga Indonesia tidak akan tahu berita luar, jadi cara yang paling aman mungkin lihatah foto dari segi jalan, pemandangan dari fotonya, atau bahkan orang yang ada di foto itu. Biasanya jika bukan merupakan foto asli dari kejadian yang ada di Indonesia akan sangat berbeda dari segi ketiga hal ini. Maka dari itu harus cermat dalam melihat sesuatu jangan langsung yakin bahwa foto itu benar dari Indonesia.

Sebenarnya kasus berita bohong di Indonesia ini sudah sangat ramai terjadi, karena memang tidak dapat dipungkuri untuk permasalahan ini Indonesia sangatlah tidak cermat dalam membaca sebuah berita. Bahkan dapat dikatakan literasi membaca di Indonesia sendiri sangatlah rendah, jadi tak heran jika banyak orang yang termakan berita bohong. Bisa saja mereka belum juga membaca berita tersebut bisa dibagikan lagi kepada orang.

Pada intinya jika ingin menerima berita yang benar memang kuncinya harus memiliki media yang terpercaya bukan media abal-abal. Jadi semua bisa dihindari memang dari diri sendiri terlebih dahulu, dengan mencari media terpercaya terlebih dahulu, rajin dalam membaca suatu berita sampai tamat jangan setengah- setengah. Itu merupakan hal yang buruk dalam membaca, dan juga sebenarnya jika mendapatkan berita yang disebarkan dari orang lain di media sosial ini harus bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah benar terjadi atau hanya sebuah khayalan. 

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Perlu Langkah Nyata Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

Kamis, 23 September 2021 | 22:23 WIB

Alasan Wajib Bangga Menjadi Orang Bandung

Kamis, 23 September 2021 | 18:27 WIB

Buruk Pengelolaan Lapas di Indonesia

Kamis, 23 September 2021 | 17:28 WIB

Meragukan Keampuhan Strategi Joe Biden

Kamis, 23 September 2021 | 16:47 WIB

Optimistis Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka

Rabu, 22 September 2021 | 23:36 WIB

Oase Perdamaian

Rabu, 22 September 2021 | 22:00 WIB

OSVIA, Klub Sepak Bola Pribumi Pertama di Bandung

Rabu, 22 September 2021 | 16:51 WIB

Emas Hijau yang Perlu Kita Rawat dan Lestarikan

Selasa, 21 September 2021 | 23:30 WIB

JANGAN CABULI KAMI!

Selasa, 21 September 2021 | 22:30 WIB

Mesin Waktu dan Media Sosial

Selasa, 21 September 2021 | 21:52 WIB

‘Nyanyian’ Krisdayanti dan Gejala Alienasi

Kamis, 16 September 2021 | 22:42 WIB

Dermaga Cikaobandung di Tempuran Ci Kao dengan Ci Tarum

Kamis, 16 September 2021 | 16:51 WIB

Musim Hujan Segera Tiba, Jabar Rawan Longsor

Kamis, 16 September 2021 | 16:28 WIB

Berantas Aksi Jahat Pembajakan Buku!

Rabu, 15 September 2021 | 22:39 WIB

Lebih Baik Diam Daripada Body Shaming

Selasa, 14 September 2021 | 23:14 WIB

Desain Besar Pembangunan Nasional itu Bernama Fair Play

Selasa, 14 September 2021 | 22:56 WIB
X