Cuci Tangan sebagai Media Penangkal Covid-19

- Jumat, 2 Juli 2021 | 10:30 WIB
Warga mencuci tangan di sebuah wastafel yang disediakan di Balai Kota Bandung.
Warga mencuci tangan di sebuah wastafel yang disediakan di Balai Kota Bandung.

Dikutip dari World Health Organization (WHO), cuci tangan adalah hal yang murah dan ampuh untuk membunuh virus dan bakteri.

Diantara hal-hal negatif yang berseliweran di media massa, banyak hal-hal positif yang bisa digali agar tidak menimbulkan kepanikan yang berlanjut. Pemerintah atau kementerian kesehatan juga menyediakan beasiswa bagi para dokter yang menempuh sekolah spesialis.

Dilansir dari Katadata.co.id mengenai kerentanan Provinsi di Indonesia dalam menghadapi Covid-19, Provinsi Jawa Barat mengenai indeks Kerentanan Provinsi, dan kondisi pelayanan kesehatan yang buruk. Dengan kesimpulan yang dibuat Katadata.co.id yaitu Provinsi Jawa Barat memiliki penduduk yang padat dengan mobilitas tinggi, kualitas udara buruk, kondisi pelayanan kesehatan yang kurang memadai dan merupakan salah satu bagian dari pusat perekonomian Indonesia. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Dikutip dari UNICEF atau bisa disebut dengan United Nation Children Emergency Fund seringkali penyebaran virus terjadi lewat sentuhan tangan.  Tangan adalah cara umum penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya. Dengan menyentuh benda-benda di ruang publik sampai berdekatan dengan orang lain menjadi cara orang lain bisa terkena Covid-19. Dengan tidak keluar rumah dan rajin mencuci tangan adalah hal yang bisa mencegah kita terkena Covid-19.

 “Salah satu hal positif selama Corona yaitu orang-orang jadi lebih aware terhadap kesehatan dan kebersihan,” ujar Indra sebagai Dokter Umum lewat aplikasi Whatsapp.

Menurutnya, jika dijelaskan lebih spesifik antara lain orang-orang jadi lebih rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan masyarakat lebih rajin mencuci tangan  untuk mencegah terkena virus corona.

Cuci tangan

Melakukan cuci tangan harus menggunakan pedoman yang telah diterbitkan oleh WHO atau World Health Organization. Terdapat 11 langkah, yang pertama membasahi tangan dengan air, menggunakan sabun, menggosokkan kedua telapak tangan, menggosokkan punggung tangan, menggosokkan sela jari, menggosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari menempel, memegang ibu jari dan membilasnya dengan cara memutar, menggosok bagian ujung jari ke telapak tangan, bersihkan tangan dari sabun menggunakan air, dan terakhir keringkan.

Data yang dirilis oleh UNICEF pada tahun 2014 menjelaskan sebanyak 75 persen warga Indonesia tidak mencuci tangan menggunakan sabun. Menurut WHO, mencuci tangan dapat mengurangi infeksi penyakit menular, 20 persen resiko infeksi saluran pernapasan akut, flu burung, dan 40 persen resiko diare.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jangan Ngaku Bestie Kalau Masih Suka Nyinyir

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:01 WIB

Berpikir Kritis Bisa Cegah Investasi Bodong

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:52 WIB

Manfaat Perdagangan Ekspor untuk Perekonomian

Senin, 24 Januari 2022 | 15:07 WIB

Mempelajari Karakter Orang Melalui Kebiasaannya

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:00 WIB

Geotrek, Belajar di Alam dengan Senang dan Nikmat

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:25 WIB

Mengenal Manfaat Transit Oriented Development (TOD)

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:35 WIB
X