Modus Pelecehan Seksual Baru di Media Sosial

- Senin, 21 Juni 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi wanita korban pelecehan seksual.
Ilustrasi wanita korban pelecehan seksual.

Pelecehan seksual di Indonesia merupakan salah satu kasus yang sering meningkat setiap tahunnya. Kasus pelecehan seksual ini pun tidak mengenal tempat dan situasi. Bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Bahkan ada kasus beberapa bulan lalu, yang sempat viral adanya pelecehan seksual terhadap anak di tempat ibadah. Memang kasus pelecehan seksual sangat sulit untuk dicegah di Indonesia, sekarang pelecehan seksual sudah meluas sampai ke jejaring sosial, seperti media sosial Twitter.

Seperti beberapa hari yang lalu, dunia twitter dihebohkan oleh satu tweet dari akun @GRESAIDS. Dalam tweet-nya dia mengungkapkan bahwa ada seseorang yang menganggu kenyamanan dia sedang melakukan aktivitas di sosial media.

Dia mengungkapkan bahwa seseorang berinisial (A) pemilik akun @TbrkLatte, melakukan pelecehan terhadap beberapa orang, dengan cara mengirimkan pesan berupa foto syur, kepada akun yang masih dibawah umur. Ia kemudian menjelaskan mengapa baru berani mengungkapkan kejadian ini, agar nantinya pelaku dari pelecehan ini tidak menimbulkan banyak korban lagi.

Tweet ini jelas langsung ramai dibicarakan di media twitter. Karena banyak yang tidak menyangka bahwa semacam pelecehan seksual ini, bisa terjadi di media sosial yang pada umumnya orang menggunakan media sosial ini untuk mencari kesenangan bukan menjadi bahan trauma karena adanya kasus pelecehan lewat media sosial ini.

Sebenarnya kasus pelecehan seksual lewat media sosial memang pernah terjadi sebelumnya, namun pada jejaring sosial facebook, tetapi alur dari kasusnya tentu berbeda, karena kebanyakan dari pengguna facebook terjadi pelecehan seksual itu, dengan diajak bertemu langsung oleh seseorang di suatu tempat dan terjadilah pelecehan. Jika kasus pelecehan di twitter ini pelaku dari pelecehan seksualnya ini langsung mengirimkan foto yang memperlihatkan badan telanjang kepada orang lain yang masih dibawah umur, tentu bagi penerima yang melihat foto tersebut akan kaget dan bahkan dapat menimbulkan trauma berkepanjangan.

Adanya modus baru pelecehan seksual di media sosial ini, membuat beberapa orang tentu akan menjadi khawatir bermain  media sosial. Namun, agar tetap nyaman menggunakan media sosial dan terhindar dari pelecehan seksual, setidaknya harus menerapkan beberapa hal, seperti:

  1. Jika ada yang mengirim pesan dan mulai aneh, lebih baik abaikan saja pesan itu, jangan pernah mencoba untuk membalas pesannya.
  2. Jangan terlalu dekat dengan seseorang yang dikenal lewat sosial media, karena pada dasarnya kita tidak mengetahui apa maksud orang itu mendekati kita.
  3. Jika sudah terlanjur dekat, dan ada gelagat yang ditunjukkannya mulai aneh dan mengarah kepada pelecehan seksual, jangan takut untuk memblokir akun itu agar terhindar dari pelechan seksual ini.

Adanya kasus yang baru diungkapkan ini sampai membuahkan hasil, dan banyak korban dari pelaku (A) ini mulai bermunculan. Dan benar modusnya pelaku ini dengan mendekati seseorang dan mengirimkan pesan, awalnya bersikap sopan santun, tetapi lama kelamaan pelaku ini malah mengirimkan foto yang tidak pantas. Dan kebanyakan dari korbannya mengaku bisa menjadi akrab dengan pelaku karena sikapnya yang asik dan mudah bergaul.

Sebenarnya dalam semua kasus pelechan, pelakunya selalu berpura- pura memiliki kepribadian seperti asik untuk diajak berbicara, dan mudah akrab itu agar memudahkan mereka untuk melancarkan aksinya. Jadi sebagai perempuan khususnya, jika menemui orang yang seperti ini di media sosial lebih baiknya untuk dihindari. Memang setiap orang tentu berbeda maksud ketika melakukan itu, namun apa salahnya mewaspadai sesuatu hal sepele agar terhindar dari hal yang tidak menyenangkan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB

Demam Belanja Online Berkedok Self Healing

Selasa, 23 November 2021 | 17:18 WIB

Pemimpin Masa Depan Bicara di Forum Dialog IISS

Selasa, 23 November 2021 | 08:56 WIB

Villa Isola: Venesia Kecil di Bandung Utara

Senin, 22 November 2021 | 16:59 WIB

Joki Tugas, Rahasia Umum di Masyarakat

Minggu, 21 November 2021 | 19:19 WIB

Mendidik dengan Sepenuh Hati

Minggu, 21 November 2021 | 16:24 WIB

Risalah Untuk Calon Suamiku

Minggu, 21 November 2021 | 12:42 WIB

Pahlawan Big Data di Tengah Pandemi

Jumat, 19 November 2021 | 21:55 WIB

Proses Terbentuknya Karanghawu

Jumat, 19 November 2021 | 15:37 WIB
X