Hobi Bagaikan Harta Karun

- Jumat, 7 Mei 2021 | 15:40 WIB
Ilustrasi hobi menulis karya fiksi dengan mesin tik.
Ilustrasi hobi menulis karya fiksi dengan mesin tik.

Siti Ayu Shabira atau biasa dipanggil Ayu yang berkuliah di Universitas Padjadjaran, program studi Sastra Inggris angkatan 2019. Selain menjadi mahasiswa, ia juga penulis novel di platform daring di Wattpad. Baginya Wattpad sebagai tempat untuk belajar menulis suatu karya novel.

Awal cerita menulis novel di Wattpad, Ayu mengunjungi laman Wattpad hanya ingin sekedar membaca fan fiction One Direction yang sempat booming tahun 2015. Kala itu ia merasa bosan membaca cerita yang begitu-begitu saja dan ia berinisiatif untuk menulis novel yang akhirnya menjadi hobi baru yang sebenarnya. Dari hasil tulisannya pun membawa pembaca yang berdatangan untuk membaca serta memberi apresiasi berupa komentar dan penilaian bintang.

Setiap pekerjaan pasti merasakan suka dan duka. Suka yang dirasakannya adalah Ayu dapat berekspresi melalui tulisannya. Dalam menulis, ia dapat mengeluarkan isi pikiran yang menurutnya mengganggu. Dengan menulis membuatnya lebih jujur serta refleksi pada diri sendiri. Duka yang dirasakan adalah menerima komentar negatif pada karyanya.

Lingkungan sekitar merupakan hal pertama yang membuatnya mendapatkan inspirasi. Dalam membuat cerita, ia harus menggali dirinya, mengamati lingkungan sekitar, serta berinteraksi dengan orang sekitar. Menjadi penulis pun perlu wawasan, seperti kosakata atau pengetahuan tertentu melalui buku. Visual untuk inspirasi novelnya adalah berasal dari lingkungan sekitar, Youtube, atau tontonan film dan series.

“Buku juga bagi aku buat nambah wawasan karna nulis perlu banyak kosakata dan pengetahuan tertentu. Kalo untuk visualisasi biasanya aku dapet inspirasi dari apa yg aku lihat dari sekitar aku dan juga tayangan-tayangan di youtube atau tontonan film dan series” Kata Ayu.

Sampai saat ini, akun yang bernama Shabeeraa tersebut telah menulis 11 cerita novel di Wattpad. Waktu untuk menulis 1 novel membutuhkan waktu paling cepat adalah tiga sampai enam bulan. Terkadang juga waktunya bisa lebih lama dari itu. Usia pembaca untuk membaca novelnya mulai dari 16 tahun.

Rata-rata pembaca pada novelnya dalam satu chapter memiliki 30 ribu pembaca. Jika dikalkulasi pembaca per novel, jumlah pembaca pada judul novel "Through the City" mencapai 960 ribu dengan isi 74 chapter.

Marchella Febritrisia Putri merupakan tokoh penulis yang membuat Ayu selalu terinspirasi untuk terus menulis novel. Ia menyukai Marchella berawal dari buku novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) dan novel tersebut dibuat menjadi film, campaign, pameran, dan bentuk kerja sama lainnya. Ayu berharap bahwa cerita novelnya dapat diadaptasi menjadi projek yang lebih besar.

Meskipun Ayu berkuliah di Sastra Inggris, ia berharap bahwa menjadi penulis akan menjadi pekerjaannya meskipun hanya pekerjaan sampingan. Sampai sekarang bahwa menulis hanyalah sebagai hobi dan tanpa ada paksaan dari siapapun. Pada dasarnya, ia senang berkarya melalui menulis dan menciptakan para pembacanya dapat menikmati novelnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadilah Generasi Pelurus, Bukan Penerus!

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:28 WIB

Cara Kim Jong-un Keluar dari Tekanan AS

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:24 WIB

Hati-Hati Budaya Nyinyir: Mulutmu Harimaumu, Netizen!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Inovasi Pemuda Bandung, Kulit Imitasi menuju Milan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:51 WIB

Indonesia Lahan Proxy War?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:43 WIB

Insulinde Medaille untuk Kompetisi Klub Pribumi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:27 WIB

Karena Faktor China, Asean Sulit Menekan Myanmar

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:07 WIB

Hari Libur Tanggal Merah Keagamaan Diundur, Perlukah?

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:55 WIB

Babak Belur Peternak Ayam Petelur

Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Sejarah Stasiun Padalarang: Kenangan Dahulu dan Kini

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:04 WIB

Catch Me if You Can di Tjimahi Tempo Doeloe

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:33 WIB
X