Kenapa Gedung Kongres Mudah Digeruduk?

- Senin, 25 Januari 2021 | 18:25 WIB
Gedung Kongres Capitol Hill
Gedung Kongres Capitol Hill

AYOBANDUNG.COM--Bila dilihat dari puncak monumen George Washington, gedung Kongres  lebih megah dibanding tiga icon di kawasan inti Washington DC yakni Thomas Jefferson Memorial, Abraham Lincoln Memorial dan Gedung Putih. Kemegahan itu makin tampak di waktu malam ketika lampu-lampu sorot menyinari seantero bangunan dengan patung Kebebasan di puncaknya.

Gedung Kongres dibangun seperti itu untuk menunjukkan ‘kedaulatan rakyat’ merupakan yang tertinggi. Di sayap utara  gedung ini berkantor para anggota Senat (di Indonesia seperti Dewan Perwakilan Daerah), sedangkan kantor anggota Dewan Perwakilan Rakyat di sayap selatan. 

Senat merupakan Majelis Tinggi, ketuanya adalah Wakil Presiden Amerika Serikat. DPR atau House of Representatives merupakan Majelis Rendah. Kongres merupakan gabungan keduanya. 

Total anggota Senat adalah seratus orang, karena tiap-tiap negara bagian diwakili dua orang senator dengan masa jabatan enam tahun. Para anggota senator ini dipilih rakyat di negara bagian masing-masing.

Senat memberi saran dan persetujuan atas pengangkatan ketua MA, hakim agung, hakim federal, menteri-menteri, para dubes, perjanjian internasional yang dibuat pemerintah, perwira tinggi dan sebagainya. Senat secara khusus juga bersidang bila presiden dimakzulkan DPR.

Para anggota senator belum tentu berpihak kepada presiden yang separtai dengannya. Dengan pertimbangan tertentu  bisa tertentu menentang kebijaksanaan presiden. Makanya kerap diberitakan Senator Cihoream membangkang.  

Jumlah anggota DPR  yang dipilih rakyat mencapai 435 orang. Mereka dipilih oleh pemberi suara di tiap negara bagian. Meskipun begitu bila ada kekosongan, maka gubernur negara bagian berhak mengangkat pilihannya tanpa hak suara.

Banyak sedikitnya anggota DPR dari negara bagian, ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk.  DPR juga punya enam anggota yang berasal dari distrik Columbia, Puerto Rico, Samoa Amerika , Guam, kepulauan Mariana Utara dan pulau Virgin yang  tidak mempunyai hak memberi suara. Jadi seluruh anggota DPR adalah 441.

Gabungan Senat dan DPR disebut Kongres dengan jumlah anggota 541 orang. Seorang WN AS boleh mencalonkan diri menjadi anggota DPR asalkan berusia minimal 25 tahun, sedangkan Senat mensyaratkan 30 tahun. 

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Kisah Barsisha dan Ajaran Berharga tentang Aib Manusia

Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB

Peluang Iran untuk Sedikit Bernapas

Senin, 29 November 2021 | 15:17 WIB

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB

Demam Belanja Online Berkedok Self Healing

Selasa, 23 November 2021 | 17:18 WIB

Pemimpin Masa Depan Bicara di Forum Dialog IISS

Selasa, 23 November 2021 | 08:56 WIB

Villa Isola: Venesia Kecil di Bandung Utara

Senin, 22 November 2021 | 16:59 WIB

Joki Tugas, Rahasia Umum di Masyarakat

Minggu, 21 November 2021 | 19:19 WIB

Mendidik dengan Sepenuh Hati

Minggu, 21 November 2021 | 16:24 WIB

Risalah Untuk Calon Suamiku

Minggu, 21 November 2021 | 12:42 WIB
X