Kuliner Bandung: Roti Legendaris di Jalan Gempol

- Kamis, 10 Desember 2020 | 15:32 WIB
Roti bakar ririungan.
Roti bakar ririungan.

GEMPOL, AYOBANDUNG.COM -- Kecil, sempit, dan kuno. Tiga kata tersebut cocok sekali menggambarkan suasana toko Roti Gempol, roti legendaris yang sudah ada di Jalan Gempol sejak 1958. 

Walaupun tempatnya kecil, toko roti ini tidak pernah sepi oleh pelanggan. Selalu ada saja yang membeli roti di tempat ini. Selain enak, Roti Gempol menawarkan konsistensi sejak dulu sehingga memiliki pelanggan yang setia. 

Roti Gempol yang sedang dibakar (Alda Gracia)

 

Untuk menuju ke lokasi, Anda perlu melewati gapura Jalan Gempol terlebih dahulu. Setelah itu tinggal mengikuti jalan. Tenang saja karena jalannya satu arah dan belok ke kanan di pertigaan yang pertama. Harum roti yang dibakar dapat memberikan petunjuk lebih tempat ini. Toko ini memang agak tersembunyi karena tidak ada plang di luarnya. Hanya ada tulisan ‘ROTI GEMPOL’ di atas pintu masuknya.

Berdasarkan sumber, toko Roti Gempol didirikan oleh Lydia pada tahun 1958. Ia melihat adanya peluang berjualan di tempatnya berkuliah, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).  Dia pun memutuskan untuk berjualan roti dengan resep dari keluarganya. Setelah berjualan cukup lama, ia membuka tokonya di Jalan Gempol dan memberi nama rotinya sesuai nama tempatnya berjualan. 

Sekarang toko roti ini mempekerjakan 14 orang pegawai dari awalnya hanya enam orang. Roti Gempol juga sudah bekerja sama dengan salah satu kedai kopi, yaitu Kopi Anjis di Jalan Bengawan. Walaupun sudah lama berdiri, toko roti ini tidak membuka cabang di mana pun. Hanya di Jalan Gempol saja.

Menu yang dijual di Roti Gempol beragam. Mulai dari roti manis, roti asin, dan minuman. Untuk roti manis, tersedia rasa cokelat, susu, kacang, nanas, srikaya, dan stroberi. Sedangkan untuk roti asin ada rasa keju, telur, dan daging. 

Cara memesannya cukup mudah, Anda tinggal menuliskan pesanan Anda di atas kertas yang sudah disediakan dan langsung membayarnya ke kasir. Pesanan pun akan langsung dimasak oleh juru masak roti Gempol. Harus agak bersabar sih memang menunggu pesanan sampai tiba, tapi waktu tersebut setimpal dengan apa yang akan Anda cicipi. 

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Kisah Barsisha dan Ajaran Berharga tentang Aib Manusia

Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB

Peluang Iran untuk Sedikit Bernapas

Senin, 29 November 2021 | 15:17 WIB

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB

Demam Belanja Online Berkedok Self Healing

Selasa, 23 November 2021 | 17:18 WIB

Pemimpin Masa Depan Bicara di Forum Dialog IISS

Selasa, 23 November 2021 | 08:56 WIB

Villa Isola: Venesia Kecil di Bandung Utara

Senin, 22 November 2021 | 16:59 WIB

Joki Tugas, Rahasia Umum di Masyarakat

Minggu, 21 November 2021 | 19:19 WIB

Mendidik dengan Sepenuh Hati

Minggu, 21 November 2021 | 16:24 WIB

Risalah Untuk Calon Suamiku

Minggu, 21 November 2021 | 12:42 WIB
X