Tetap Produktif di Tengah Wabah Virus Corona

- Sabtu, 2 Mei 2020 | 05:17 WIB
[Ilustrasi] Orang mengetik untuk mengisi waktu luang dan meningkatkan produktivitas. (Pixabay)
[Ilustrasi] Orang mengetik untuk mengisi waktu luang dan meningkatkan produktivitas. (Pixabay)

AYOBANDUNG.COM -- Virus href="https://www.ayobandung.com/tag/corona">corona baru penyebab Covid-19 yang muncul pada awal tahun 2020 ini membuat gempar masyarakat di seluruh belahan dunia. Penyebaran virus ini berlangsung dengan cepat serta telah memakan ribuan korban jiwa dan angkanya akan terus bertambah.

Pemerintah, khususnya di Indonesia, menetapkan kebijakan kepada seluruh masyarakat untuk social distancing. Kegiatan perkantoran, sekolah, kampus, hingga tempat pariwisata ditutup sementara guna memaksimalkan program social distancing ini.

Dampak dari adanya program “merumahkan” ini kurang lebih adalah ruang gerak menjadi terbatas dan waktu luang menjadi lebih banyak. Hal itu disebabkan karena mayoritas aktivitas masyarakat berada di dalam rumah. Masyarakat mafhum dan mengurung diri di rumah karena takut jika virus akan lebih mudah menyebar jika berada di luar rumah.

Di tengah pandemi ini, masyarakat khususnya di kalangan mahasiswa sering mengeluhkan penat dan bosan karena ruang gerak yang dibatasi. Menonton serial di salah satu platform atau membantu pekerjaan orang tua di rumah menjadi pilihan kegiatan sebagian besar mahasiswa selain mengerjakan tugas perkuliahan. Namun, ternyata di tengah pandemi ini kita bisa menjadi lebih href="https://www.ayobandung.com/tag/-produktif"> produktif, lho.

Pemaknaan kata href="https://www.ayobandung.com/tag/-produktif"> produktif tidak melulu soal mencari uang. Jika melihat arti href="https://www.ayobandung.com/tag/-produktif"> produktif dari KBBI, maka akan didapatkan, 1) bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar), 2) memberi hasil atau manfaat, 3) mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru. Produktif, bisa disimpulkan sebagai sikap untuk melakukan kegiatan dan ingin terus href="https://www.ayobandung.com/tag/-berkarya"> berkarya, yang hasilnya kemudian bisa bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Produktivitas di sini bukan hanya dengan giat mengerjakan tugas perkuliahan saja, namun juga dengan mengisi waktu yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas individu. Dengan begitu, pikiran menjadi lebih rileks dan tidak penat.

Kebermanfaatan produktivitas ternyata dibedakan menjadi tiga, hal tersebut disampaikan oleh Rosleny, dosen Psikologi UIN Bandung ketika diwawancarai via telepon.

“Ada banyak jenis produktivitas, yaitu produktivitas yang bermanfaat untuk diri sendiri, produktivitas kebermanfaatan diri sendiri dengan orang lain, dan produktivitas untuk kebermanfaatan orang lain tapi belum untuk diri sendiri,” jelasnya, “Produktivitas yang ideal itu produktivitas dimana untuk diri sendiri sudah optimal, tapi juga memberikan manfaat untuk orang lain.”

Asyifa (20), mahasiswi Universitas Padjajaran membagi kegiatannya selama di rumah. Dia mengaku, di tengah pandemi ini dia bisa lebih menyalurkan hobinya, yaitu menulis. Asyifa juga menjadi lebih giat mengikuti berbagai kompetisi menulis di internet.

Halaman:

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

Tags

Terkini

Peran Guru Mewujudkan Sumedang Simpati

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB

Misteri Uga Bandung dan Banjir Dayeuh Kolot

Senin, 9 Mei 2022 | 12:02 WIB

Penduduk Cicalengka Tahun 1845 dan 1867

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:10 WIB
X