Orang Tua Milenial, Terapkan Digital Parenting!

- Rabu, 10 Juli 2019 | 11:28 WIB
Ilustrasi orang tua mengasuh anaknya.(Pixabay)
Ilustrasi orang tua mengasuh anaknya.(Pixabay)

Kehadiran teknologi komunikasi digital dewasa ini sudah banyak memengaruhi komunikasi dalam suatu keluarga. Fenomena yang terjadi sekarang sering dijumpai dimana masing-masing anggota keluarga asyik dengan dunia maya nya sendiri-sendiri melalui penggunaan telepon seluler mereka yang sudah serba canggih.

Telepon seluler yang semula hanya alat komunikasi jarak jauh dari tahun ke tahun mengalami kemajuan mulai dari telepon sederhana hingga era gadget seperti sekarang ini. Kebutuhan gadget memang sudah menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas kita.

Namun di balik keunggulannya dalam mempermudah komunikasi menuai problema yang bisa mengurangi arti silaturahmi hingga tercetus kalimat "mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat".

Dalam suatu keluarga seolah-olah mereka hanya berkumpul secara fisik tanpa adanya komunikasi satu sama lain, dengan kata lain interaksi diantara  mereka terbatas. Kemajuan teknologi komunikasi ternyata tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif jika tidak bijak menggunakan alat komunikasi digitalnya.

Para orang tua yang asyik dengan alat komunikasi digital terkadang sampai  mengesampingkan kepentingan anak/keluarga. Inilah kesalahan orang tua dalam mendidik anak, bahkan karena kesibukannya orang tua sampai tidak bisa mengontrol penggunaan komunikasi digital yang dilakukan anaknya. Kejadian seperti ini harus menjadi warning bagi para orang tua, karena sejatinya orang tua diharapkan menjadi model yang baik untuk diteladani anak-anaknya.

Dalam hal membesarkan anak tentunya yang terpenting adalah parenting (pola asuh) yang diterapkan terhadap anak. Tentunya dewasa ini seiring berkembangnya jaman di era digital, gaya parenting mendidik anak juga harus disesuaikan. Di era digital ini seiring membanjirnya arus informasi yang bisa didapatkan dengan mudah melalui internet, sudah seharusnya para orang tua mulai aware terhadap anak dalam hal parenting, karena parenting jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu.

Para orang tua jaman dulu belum mengenal internet, sehingga dalam hal parenting dilakukan secara mandiri tanpa bantuan informasi dari internet. Sangat berbeda dengan para orang tua jaman sekarang yang akrab dengan sebutan generasi milenial, dimana perkembangan teknologi seperti gadget dan internet sudah sangat banyak digunakan dengan akses yang semakin mudah dan murah.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), konsep generasi milenial adalah penduduk Indonesia yang lahir antara tahun 1980-2000. Sebagian besar generasi milenial tersebut sudah menjadi orang tua. Sehingga anak-anak dari para orang tua milenial tentunya sejak kelahirannya sudah terpapar pesatnya perkembangan teknologi seperti komputer, internet, dan lain lain.

Proses perkembangan teknologi era digital ini mencatat bahwa Indonesia termasuk negara yang sangat banyak pengguna internetnya, dimana pengakses internet mayoritas menggunakan telepon seluler. Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS, secara nasional dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir persentase jumlah penduduk yang memiliki/menguasai internet terus meningkat. Pada tahun 2013, persentase penduduk usia 5 tahun ke atas yang menyatakan pernah mengakses internet dalam tiga bulan terakhir sekitar 19,49 persen dan meningkat menjadi 32,34 persen pada tahun 2017. Peningkatan penggunaan internet ini terjadi baik di daerah perkotaan maupun perdesaan.

Halaman:

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

Tags

Terkini

Menguak Problem Mendasar Upah Buruh dan Solusinya

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:18 WIB

Kisah Barsisha dan Ajaran Berharga tentang Aib Manusia

Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB

Peluang Iran untuk Sedikit Bernapas

Senin, 29 November 2021 | 15:17 WIB

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB

Demam Belanja Online Berkedok Self Healing

Selasa, 23 November 2021 | 17:18 WIB

Pemimpin Masa Depan Bicara di Forum Dialog IISS

Selasa, 23 November 2021 | 08:56 WIB

Villa Isola: Venesia Kecil di Bandung Utara

Senin, 22 November 2021 | 16:59 WIB
X