Startup Bisnis Generasi Milenial

- Selasa, 26 Februari 2019 | 11:33 WIB
Ilustrasi. (Pixabay)
Ilustrasi. (Pixabay)

Kemajuan teknologi digital  tidak hanya menjadi alat komunikasi di dunia maya. Di tangan generasi href="https://www.ayobandung.com/tag/-milenial"> milenial, media sosial berkembang menjadi bisnis.

Generasi href="https://www.ayobandung.com/tag/-milenial"> milenial mulai berbisnis daring, e-commerce, atau dengan membangun perusahaan rintisan ( href="https://www.ayobandung.com/tag/startup">startup) berbasis teknologi digital yang diprediksi akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di masa yang akan datang.

Di tengah bisnis konvensional yang mulai ditinggal dan beralih ke bisnis elektronik, perkembangan penjualan terhadap berbagai produk kebutuhan yang biasa dijual secara retail, lambat laun mulai terdisrupsi oleh kehadiran bisnis daring berbasis teknologi digital.

Perkembangan iklim bisnis retail dalam bentuk gerai (toko) yang menawarkan barang dan jasa sudah banyak yang tutup. Hal ini merupakan suatu peringatan kepada para pengusaha untuk melakukan perubahan strategi dagang konvensional menuju perdagangan berbasis teknologi digital.

Begitu pun industri manufaktur, perbankan, jasa transfortasi sudah banyak menerapkan teknologi digital atau revolusi industri 4.0. Karenanya. Kondisi ini menjadikan banyak perusahaan manufaktur menggunakan mesin atau robot dalam operasional. Akibatnya, tenaga kerja manusia tidak dapat dimanfaatkan. Pengangguran pun akan semakin meningkat dan menjadi masalah sosial di masyarakat.

Oleh karena itu, baik pemerintah, berbagai pemangku kepentingan, pelaku usaha maupun masyarakat perlu mempersiapkan sumber daya manusia dalam meningkatkan keahlian serta kompetensi terhadap teknologi digital.

Membangun SDM yang andal dan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi akan mengatasi ancaman disrupsi teknologi.

Dengan adanya kemajuan teknologi, sejumlah jenis pekerjaan akan hilang serta persaingan bekerja pun akan semakin ketat sehingga satu-satunya jalan yaitu peningkatan kemampuan menyerap teknologi baru tersebut.

AYO BACA : 50 Start Up Lokal Berlomba Menarik Investor

Halaman:

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

Tags

Terkini

Jejak Pelaut Belanda dan Inggris di Benua Australia

Senin, 30 Januari 2023 | 10:36 WIB

Warga Kampung Naga Harmoni di Keluk Ci Wulan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:20 WIB

Mewaspadai Konflik Terbuka di Asia Pasifik

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:55 WIB

Mewujudkan Indonesia Emas dengan Memberantas Stunting

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:54 WIB

Imlek: Merawat Kebhinekaan, Meneguhkan Keindonesiaan

Senin, 23 Januari 2023 | 18:20 WIB

Potret ‘Pengemis Online’ yang Meresahkan

Senin, 23 Januari 2023 | 16:51 WIB

BIJB Kertajati Dijual?

Senin, 23 Januari 2023 | 16:08 WIB

Tahun 1845 Baru Ada 13 Orang Tionghoa di Bandung

Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:02 WIB

Cokelat sebagai Peluang Usaha Baru untuk Remaja

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:41 WIB

Ideologi di Balik Sepak Bola

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:54 WIB
X