Hari Guru Nasional: Menjadi Guru yang Dapat Beradaptasi pada Perubahan

- Jumat, 25 November 2022 | 15:32 WIB
Hari Guru Nasional 2022. (Kolase IG@pppkguru dan Kemendikbud)
Hari Guru Nasional 2022. (Kolase IG@pppkguru dan Kemendikbud)

PERUBAHAN perkembangan zaman dari masa ke masa sudah semakin cepat. Semua sektor telah mengalami dampaknya langsung, termasuk dalam sektor pendidikan.

Perubahan pada pendidikan dari masa ke masa tidak hanya pada kurikulum saja, pada pelaksanaannya setiap dari masa ke masa terdapat perubahan. Terutama pada guru sebagai ujung tombak pendidikan.

Perubahan yang terjadi pada pendidikan saat ini banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pesatnya perkembangan teknologi, jiwa zaman yang semakin berubah, kemudian faktor lingkungan yang dapat menentukan adanya sebuah perubahan.

Sebagai contoh kecilnya, dulu seorang guru ketika mengajar di kelas, hanya mengajar dengan menggunakan alat tulis kapur dan papan tulis sebagai media, kemudian menggunakan Over Head Proyektor (OHP) dan saat ini menggunakan proyektor dengan bantuan powerpoint dan laptop dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga: Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan D3, Segera Lengkapi Syarat dan Berkasnya! S1 Antre Dulu ya...

Selain itu, pola pengajaran guru dari masa ke masa telah mengalami perubahan seperti mengajar dengan hanya model satu arah yang terpusat pada guru (Teacher Center) menggunakan metode ceramah hingga model pembelajaran dua arah yang terpusat pada siswa (Student Center) yang menandakan bahwa perubahan pada pendidikan pun tidak dapat terelakkan.

Bahkan pelaksanaan pendidikan yang semula dilakukan di sekolah dan di dalam kelas mengalami sebuah perubahan yang memaksa karena pandemi covid-19 dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi video conference selama lebih dari 2 tahun.

Guru-guru pun dipaksakan untuk beradaptasi dalam proses kegiatan belajar dan mengajar tersebut. Kemudian siswa pun juga dihadapkan hal yang sama dengan belajar secara daring dari rumah dengan tujuan agar pendidikan agar terus berjalan.

Maka dari perubahan tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim melakukan perubahan kurikulum dengan tujuan agar pendidikan tetap berjalan di tengah kesulitan akibat pandemi dan berusaha agar pendidikan dapat segera pulih melalui kurikulum merdeka.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa Provinsi Sunda?

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:06 WIB

Siarkan TV Digital, Indonesia Siap Total?

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:52 WIB

Dari Egoisme Lahirlah Intoleranlisme

Senin, 28 November 2022 | 16:09 WIB

Dominasi AS Melemah G-20 menjadi Xi-20

Senin, 28 November 2022 | 10:36 WIB

Wabah Sampar di Cicalengka Tahun 1932-1938

Jumat, 25 November 2022 | 19:10 WIB

Cieundeur dan Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 15:06 WIB

Membangun Budaya Inovasi ASN di Indonesia

Kamis, 24 November 2022 | 14:20 WIB
X