Beredar Voice Note WhatsApp Pergeseran Lempeng Waduk Cirata, Awas Hoaks!

- Jumat, 25 November 2022 | 07:43 WIB
Tangkapan layar Kominfo soal berita hoaks soal Waduk Cirata/Kementerian Kominfo RI
Tangkapan layar Kominfo soal berita hoaks soal Waduk Cirata/Kementerian Kominfo RI

AYOBANDUNG -- Publik Jawa Barat dikejutkan dengan beredarnya pesan berantai lewat sebuah voice note di aplikasi chat WhatsApp yang mengatakan bahwa akan ada pergeseran lempeng Waduk Cirata di Purwakarta.

Informasi tersebut diklaim bersumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Namun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam pengumuman di situs resmi menegaskan bahwa klaim yang mengatakan bahwa akan ada pergeseran lempeng Waduk Cirata di Purwakarta adalah salah.

"BMKG melalui laman Instagram resmi miliknya @infobmkg, menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar," tulis pengumuman Kominfo, dikutip Jumat (25/11/2022).

"Beredar voice note yang dikirim secara berantai ke grup-grup aplikasi Whatsapp yang menyatakan bahwa akan ada pergeseran lempeng di Waduk Cirata, Purwakarta. BMKG menyatakan dengan tegas bahwa informasi ini tidak benar alias hoax. Jika #SobatBMKG menerima voice note tersebut, diharapkan untuk tidak ikut menyebarkan kembali. Hindari membuat berita bohong yang akan menyebabkan kepanikan masyarakat," tulis BMKG.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg."

Demikian informasi dari Kominfo dan BMKG berkaitan dengan hoaks voice note soal pergeseran lempeng Waduk Cirata di Purwakarta yang ternyata masuk kategori berita hoaks.

Editor: Fairus Tri Rizki

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa Provinsi Sunda?

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:06 WIB

Siarkan TV Digital, Indonesia Siap Total?

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:52 WIB

Dari Egoisme Lahirlah Intoleranlisme

Senin, 28 November 2022 | 16:09 WIB

Dominasi AS Melemah G-20 menjadi Xi-20

Senin, 28 November 2022 | 10:36 WIB

Wabah Sampar di Cicalengka Tahun 1932-1938

Jumat, 25 November 2022 | 19:10 WIB

Cieundeur dan Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 15:06 WIB

Membangun Budaya Inovasi ASN di Indonesia

Kamis, 24 November 2022 | 14:20 WIB
X