Menyeruput (Kisah di Balik) Kesegaran Es Oyen

- Rabu, 23 November 2022 | 14:50 WIB
Penampakan es oyen. (Istimewa)
Penampakan es oyen. (Istimewa)

Oleh Badiatul Muchlisin Asti

SELAIN berupa makanan, Indonesia juga kaya khazanah minuman yang menyegarkan. Beberapa daerah di Indonesia populer dengan minuman khasnya. Sebut saja es dawet (khas Jawa, populer di banyak daerah dengan karakteristik masing-masing), es doger dan es selendang mayang (Betawi), es buto ijo (Kediri), es pleret (Blitar), es pisang ijo (Makassar), es kuwut (Bali), es teler (Jawa Tengah), dan lain sebagainya.

Selain yang telah disebutkan, wilayah Jawa Barat juga menyumbang khazanah minuman menyegarkan seperti es cendol, es goyobod, es pala Bogor, dan es oyen. Minuman yang disebut terakhir, yakni es oyen, bahkan tidak hanya bisa dijumpai di Kota Bandung saja—tempat awal minuman menyegarkan ini berasal--melainkan sudah banyak dijumpai di banyak daerah lain, lintas kota dan provinsi.

Bersama dengan kuliner khas Bandung lainnya seperti seblak, cireng, dan cilok, es oyen melanglang buana dan “menyerbu” banyak kota dan daerah di luar Jawa Barat.
Ini menandakan bahwa es oyen “diterima” oleh masyarakat luas dan banyak disukai.

Lalu apa itu es oyen? Es oyen adalah sejenis es campur yang di dalamnya berisi kelapa muda, alpukat, kolang-kaling, buah nangka, dan sekoteng.

Dalam semangkuk es oyen, muncul dengan rupa yang memikat dan menggoda selera. Cita rasanya manis, lembut, dan menyegarkan. Pantas bila minuman ini sangat digemari dan menjadi salah satu minuman primadona yang banyak dicari. Terutama di bulan Ramadan, sebagai minuman takjil untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Warganet Curiga Ada Pencucian Uang usai Putri Candrawati dan Ferdy Sambo Ketahuan Simpan Uang di Ajudannya

Minuman Kreasi Bashar Sudjana

Meski es oyen sangat populer, riwayat terkait asal-usul dan kreator minuman menyegarkan ini masih banyak yang tidak mengetahui. Bahkan nomenklatur es oyen sendiri masih simpang siur. Terdapat beberapa versi mengenai asal-usul nama oyen yang berkembang.

Sebagian menyebutkan, kata oyen dalam es oyen merujuk pada sosok kreatornya, yaitu Pak Oyen. Sebagian lainnya menyebutkan bahwa nama oyen berasal dari nama burung piaraan milik pendahulu es oyen.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa Provinsi Sunda?

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:06 WIB

Siarkan TV Digital, Indonesia Siap Total?

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:52 WIB

Dari Egoisme Lahirlah Intoleranlisme

Senin, 28 November 2022 | 16:09 WIB

Dominasi AS Melemah G-20 menjadi Xi-20

Senin, 28 November 2022 | 10:36 WIB

Wabah Sampar di Cicalengka Tahun 1932-1938

Jumat, 25 November 2022 | 19:10 WIB

Cieundeur dan Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 15:06 WIB

Membangun Budaya Inovasi ASN di Indonesia

Kamis, 24 November 2022 | 14:20 WIB
X