'Semua Laki-laki Sama Saja!': Atasi Trust Issue dan Temukan Cinta Sejati

- Kamis, 17 November 2022 | 12:24 WIB
Ilustrasi setia. watak yang sesuai dengan kelahiran Jumat Pahing.
Ilustrasi setia. watak yang sesuai dengan kelahiran Jumat Pahing.

Oleh Fatimah Nur Muhammad

MEDIA MASSA maupun sosial media akhir-akhir ini sedang digemparkan oleh berita-berita perselingkuhan dari publik figur maupun selebriti.

Awalnya banyak orang tidak menyangka perselingkuhan ini bisa terjadi, karena sebelum diberitakan, pasangan-pasangan tersebut sering memamerkan kemesraannya dan memberikan kesan romantis dalam unggahan konten mereka di sosial media. Bahkan banyak dari warganet yang menjadikan mereka sebagai couple goals.

Pemberitaan yang cukup mengejutkan itu telah menyedot perhatian masyarakat Indonesia dari semua kalangan. Bagaimana tidak, selama ini mereka dikenal sebagai pasangan tanpa kabar miring, bahkan netizen pulalah yang menjodoh-jodohkan mereka pada mulanya. Hingga akhirnya perselingkuhan tersebut berbuntut menjadi kekerasan terhadap pasangan dalam rumah tangga.

Seperti yang disampaikan dalam cuitan twitter akun @tiramiesung (29 September 2022) “gw ngeri banget dgn kasus kasus yang lagi ada di indo skrg dan rata rata perselingkuhan. Makin makin deh saya trust issues dan tidak gampang mempercayai laki laki dgn mudah HMMMMM”.

Baca Juga: Ratusan Aksi Begal Terjadi di Jabar, Polisi Tak Segan Tindak Tegas Pelaku

Dan akun twitter bernama @akuaniemeloh: “Kejadian l**** sm b***** bikin makin trust issues ya Allah.”

Dan masih banyak tweet yang serupa lainnya. Pemberitaan ini tentunya semakin berdampak pada kepercayaan terhadap masing-masing pasangan atau lawan jenis yang semakin menurun.

Trust issue biasa terjadi pada laki-laki maupun perempuan, hal seperti ini umumnya terjadi ketika individu pernah mendapatkan peristiwa buruk atau traumatis yang menimpa dirinya dari orang-orang yang ia percaya.

Trust issue juga bisa terjadi karena melihat orang-orang di sekitarnya mendapatkan perilaku buruk. Sama seperti berita-berita perselingkuhan yang beredar sekarang, tentunya memberikan dampak yang signifikan terhadap pembacanya.

Netizen menjadi lebih waswas terhadap lawan jenis dalam memilih pasangannya. Lantas apa itu trust issue dan bagaimana cara mengatasi trust issue dalam suatu hubungan?

Baca Juga: Kasus Dokter Richard Lee dengan Kartika Putri Selesai, Penetapan Tersangka Tidak Sah?

Trust issue merupakan rasa sulit percaya terhadap orang lain yang disebabkan pandangan negatif individu karena kejadian tertentu di masa lalu. Individu yang memiliki trust issue biasanya cenderung menarik diri jika ada seseorang yang ingin mendekat, karena memiliki kecenderungan pandangan pesimistis atau negatif terhadap orang lain.

Namun, jangan khawatir, trust issue sebenarnya dapat ditangani dengan baik. Berikut beberapa hal yang mungkin dapat diterapkan, jika saat ini Anda sedang mengalami trust issue.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Leeds United Kejutkan Manchester United di Kandangnya

Kamis, 9 Februari 2023 | 10:19 WIB

Manchester City Terancam Dapat Sanksi Berat dari FA

Rabu, 8 Februari 2023 | 16:03 WIB

Budaya Kekerasan

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:17 WIB

Lato Lato dan Politik

Senin, 6 Februari 2023 | 12:35 WIB

Babah Liem Siang alias Munada

Senin, 6 Februari 2023 | 10:44 WIB

Efek Kecanduan Game Online

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:06 WIB

Jejak Pelaut Belanda dan Inggris di Benua Australia

Senin, 30 Januari 2023 | 10:36 WIB

Warga Kampung Naga Harmoni di Keluk Ci Wulan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:20 WIB

Mewaspadai Konflik Terbuka di Asia Pasifik

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:55 WIB

Mewujudkan Indonesia Emas dengan Memberantas Stunting

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:54 WIB
X