Peran Penting UKM bagi Mahasiswa

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:57 WIB
Ilustrasi mahasiswa. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Ilustrasi mahasiswa. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Oleh: Purwaningsih

UKM atau singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan sebuah kesatuan organisasi yang digunakan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk melatih serta mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh tiap mahasiswa. UKM sebagai sarana untuk merencanakan, melatih keaktifan, dan mengembangkan kemampuan mahasiswa.

UKM sebagai sarana untuk mempercepat proses adabtasi mahasiswa baru dari jenjang SMA ke dunia perkuliahan. UKM menyediakan beragam pilihan organisasi sehingga mahasiswa dapat memilihnya sesuai dengan bakat dan minat mereka. UKM ini biasanya tidak wajib namun dianjurkan untuk mengikutinya karena UKM memiliki banyak manfaat. UKM memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa sebagai berikut.

Yang pertama, UKM dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menunjukkan serta mengembangkan bakat-bakat yang milikinya. Meskipun demikian, bukan berarti UKM hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah berbakat, melainkan UKM juga menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin belajar atau sekedar tertarik pada kegiatan yang dijalankan oleh organisasi yang bersangkutan.

Bagi mahasiswa yang sudah tahu bakat apa yang dimiliki, maka UKM akan sangat membantu dalam mengembangkan bakat yang dimilikinya menuju tahap yang lebih tinggi ketika dijalani secara sungguh-sungguh.

Namun bagi mereka yang masih dalam tahap awal, UKM memiliki peran penting sebagai wadah yang mendorong mereka untuk terus mengasah kemampuan yang dimilikinya hingga pada tahap yang sesuai dengan keinginannya.

Baca Juga: Sidang Tuntutan Kasus Doni Salmanan Ditunda 3 Pekan, Ini Pertimbangannya

Kedua, dengan mengikuti UKM mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai kreativitas untuk menggali lebih dalam mengenai kemampuan atau melatih soft skill mereka. Mahasiswa akan dilatih dan diberikan ruang untuk mengemukakan pendapat dan juga kebebasan dalam berpikir kritis.

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa mengingat proses pembelajaran di bangku kuliah yang menuntut mahasiswa untuk selalu aktif dan kritis terhadap permasalahan di sekitar. Selain itu, UKM juga melatih mahasiswa untuk bekerja sama dengan orang lain, tanggap, dan melatih problem solving serta public speaking secara tidak langsung.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mewaspadai Konflik Terbuka di Asia Pasifik

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:55 WIB

Mewujudkan Indonesia Emas dengan Memberantas Stunting

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:54 WIB

Imlek: Merawat Kebhinekaan, Meneguhkan Keindonesiaan

Senin, 23 Januari 2023 | 18:20 WIB

Potret ‘Pengemis Online’ yang Meresahkan

Senin, 23 Januari 2023 | 16:51 WIB

BIJB Kertajati Dijual?

Senin, 23 Januari 2023 | 16:08 WIB

Tahun 1845 Baru Ada 13 Orang Tionghoa di Bandung

Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:02 WIB

Cokelat sebagai Peluang Usaha Baru untuk Remaja

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:41 WIB

Ideologi di Balik Sepak Bola

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:54 WIB

Membangkitkan Inovasi dan Daya Saing UMKM

Senin, 16 Januari 2023 | 17:00 WIB

Penggunaan Mobil Listrik di Indonesia, Efektifkah?

Senin, 16 Januari 2023 | 15:12 WIB
X