Menumbuhkan Budaya Positif melalui Ekskul Jurnalistik dan Sastra

- Senin, 12 September 2022 | 16:17 WIB
Ekskul Jursas pada mulanya bernama Jurnalistik. Ekskul Jurnalistik SMPN 2 Jatinangor didirikan oleh Lina Amalina, S.Pd.  (Dokumentasi penulis)
Ekskul Jursas pada mulanya bernama Jurnalistik. Ekskul Jurnalistik SMPN 2 Jatinangor didirikan oleh Lina Amalina, S.Pd. (Dokumentasi penulis)

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler/ekskul adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

Ekskul Jursas sebagai upaya menumbuhkan budaya positif di SMPN 2 Jatinangor diharapkan terbentuk generasi emas yang memiliki profil pelajar pancasila, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dengan mengikuti ekskul Jursas, siswa dilatih kemandirian, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif.

Pada ekskul Jursas siswa diberikan kebebasan untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Pembina atau pelatih bertugas menuntun. Sebagaimana menurut pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan bertujuan menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Ekskul Jursas pada mulanya bernama Jurnalistik. Ekskul Jurnalistik SMPN 2 Jatinangor didirikan oleh Lina Amalina, S.Pd. (guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan ketua Gerakan Literasi Sekolah) pada bulan Januari 2021. Ekskul ini pada awalnya dilakukan secara daring terkait kondisi pandemi. Tahun 2022 ekskul Jurnalistik diubah menjadi Jursas (Jurnalistik dan sastra) dengan penambahan materi di bidang sastra.

Baca Juga: Perihal RUU Sisdiknas dan Kesejahteraan Guru

Tujuan diselenggarakannya ekstrakurikuler Jursas ini, antara lain: mempererat hubungan antara siswa SMPN 2 Jatinangor, memberi kesempatan untuk saling mengenal serta menumbuhkan jiwa kompetitif secara intelektual di kalangan siswa, mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat siswa, membekali siswa dengan kemampuan life skill (kecakapan hidup), menyiapkan siswa untuk mengikuti berbagai lomba atau event yang bertujuan meningkatkan prestasi non akademik, sebagai media informasi dan promosi profil serta prestasi sekolah, menampung kreatifitas masing-masing kelas yang ditampung dalam sebuah media massa yaitu majalah/ buletin sekolah baik digital maupun manual, menjadi wadah bagi siswa-siswi SMPN 2 Jatinangor untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya maupun kreatifitasnya di bidang menulis maupun sastra, menciptakan budaya kreatif, kritis, dan inovatif  siswa, menjadi sarana bagi para siswa SMPN 2 Jatinangor  untuk berlatih berorganisasi, bekerja sama, dan bertanggung jawab, memberikan informasi pada orangtua siswa mengenai kondisi terkini tentang sekolah, dan membantu terselenggaranya program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Pada awal pertemuan ekskul, siswa membuat kesepakatan ekskul. Hal ini bertujuan untuk memupuk disiplin positif. Selain itu, siswa juga diminta untuk mengisi biodata yang salah satu pinnya yaitu alasan mengikuti ekskul. Dengan menuliskan alasan, pembina dapat mengetahui movivasi intrinsik atau eksktrinsik yang ada pada diri siswa.

Beberapa kegiatan ekskul Jursas, di antaranya: pengenalan materi dasar-dasar jurnalistik, teknik peliputan atau reportase, penyiaran atau broadcasting, teknik fotografi, editing foto dan video, kepenulisan, pembuatan film pendek, pengelolaan mading dan buletin sekolah, teknik berpuisi, dan akting.

Baca Juga: Raja Surakarta Kunjungi Hotel Isola

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Invasi Rusia di Ukraina Menuju Tahap Akhir

Kamis, 22 September 2022 | 20:11 WIB

Memahami Tatib Sekolah dengan Menjadi Reporter

Selasa, 20 September 2022 | 21:15 WIB

Citisuk

Senin, 19 September 2022 | 15:35 WIB

Indische Partij Cabang Cicalengka Tahun 1913

Minggu, 18 September 2022 | 14:51 WIB

Bogor Menjadi Destinasi Favorit yang Harus Dibenahi

Rabu, 14 September 2022 | 21:13 WIB

Kompi Artileri ke-19 di Nagreg sejak 1905

Minggu, 11 September 2022 | 14:19 WIB

Pelangi Ratu Elizabeth II dalam Paririmbon Sunda

Minggu, 11 September 2022 | 07:00 WIB

Perihal RUU Sisdiknas dan Kesejahteraan Guru

Minggu, 11 September 2022 | 06:00 WIB

KurMer dalam Falsafah Jawa: Mamayu Hayuning Bawana

Jumat, 9 September 2022 | 16:25 WIB

Raja Surakarta Kunjungi Hotel Isola

Jumat, 9 September 2022 | 15:44 WIB

Cinambo Semula Berupa Dasar Sungai

Kamis, 8 September 2022 | 21:32 WIB

Galang Rambu Anarki, BBM, dan Regsosek

Rabu, 7 September 2022 | 16:01 WIB
X