Cara Asyik dan Unik Melatih Operasi Hitung pada Siswa

- Senin, 29 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Siswa didampingi orang tuanya mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring | Salah satu kemampuan siswa yang tertinggal akibat learning loss yaitu pada mapel matematika, khususnya terkait operasi hitung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Siswa didampingi orang tuanya mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring | Salah satu kemampuan siswa yang tertinggal akibat learning loss yaitu pada mapel matematika, khususnya terkait operasi hitung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Salah satu kemampuan siswa yang tertinggal akibat learning loss yaitu pada mapel matematika, khususnya terkait operasi hitung.

Dampak dari Covid-19 sangat terasa dalam dunia pendidikan. Salah satu dampaknya yaitu berkurangnya pengetahuan dan keterampilan siswa secara akademis karena beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah akibat pandemi covid beberapa waktu lalu atau yang sering disebut dengan learning loss.

Salah satu kemampuan siswa yang tertinggal yaitu pada mapel matematika khususnya terkait operasi hitung. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa kelas 7 sampai kelas 9 yang tidak mampu dalam melakukan operasi hitung.

Contohnya ketika siswa ditanya tentang perkalian , pada umumnya kemampuan setara siswa SMP akan cenderung lebih cepat dalam menjawab pertanyaan sederhana tersebut. Namun pada kenyataannya, 70 %  siswa masih memerlukan waktu cukup lama untuk menjawabnya.

Berdasarkan masalah di atas, menjadi tantangan bagi setiap guru terutama guru matematika untuk mengejar ketertinggalan kemampuan dan keterampilan siswa terkait operasi hitung. Berbagai cara dilakukan untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Setiap guru memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengatasinya. Contohnya hal yang biasanya dilakukan guru yaitu dengan siswa diminta untuk menghafal perkalian atau siswa diberi soal sebanyak-banyaknya terkait operasi hitung.

Sebenarnya tidak ada salahnya dengan cara seperti itu. Namun pada akhirnya jika cara tersebut terus menerus dilakukan, alih-alih ingin membuat siswa mahir dalam melakukan operasi hitung, malah akan membuat siswa merasa jenuh.

Baca Juga: Wow! Guru Matematika Ini Gunakan Situs Porno untuk Pembelajaran, Kok Bisa?

Oleh karena itu, saya sebagai guru matematika dari salah satu sekolah di kabupaten Pekalongan yaitu SMP Negeri 1 Kandangserang, memberikan suatu cara yang menurut saya cukup efektif untuk mengatasi ketertinggalan terkait operasi hitung.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Egoisme Lahirlah Intoleranlisme

Senin, 28 November 2022 | 16:09 WIB

Dominasi AS Melemah G-20 menjadi Xi-20

Senin, 28 November 2022 | 10:36 WIB

Wabah Sampar di Cicalengka Tahun 1932-1938

Jumat, 25 November 2022 | 19:10 WIB

Cieundeur dan Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 15:06 WIB

Membangun Budaya Inovasi ASN di Indonesia

Kamis, 24 November 2022 | 14:20 WIB

Kurir Shopee Diduga Maling Helm di Sarijadi

Kamis, 24 November 2022 | 11:34 WIB

Menyeruput (Kisah di Balik) Kesegaran Es Oyen

Rabu, 23 November 2022 | 14:50 WIB

Kehidupan LGBT dalam Perspektif Sosiologi

Rabu, 23 November 2022 | 10:24 WIB
X