Karakteristik Guru Bahasa Indonesia yang Ideal pada Pengimplementasian Kurikulum Merdeka

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:17 WIB
Ilustrasi siswa SMP | Dengan memiliki sembilan karakteristik berikut, guru bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai guru yang ideal. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi siswa SMP | Dengan memiliki sembilan karakteristik berikut, guru bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai guru yang ideal. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Dengan memiliki sembilan karakteristik berikut, guru bahasa Indonesia dapat dikatakan sebagai guru yang ideal.

Guru mapel bahasa Indonesia memiliki peranan penting dalam pemberlakuan kurikulum merdeka. Sebab, mapel Bahasa Indonesia merupakan mapel penghela ilmu pengetahuan pada seluruh mapel lainnya. Untuk itu, diperlukan guru mapel bahasa Indonesia yang ideal. Apa saja karakteristiknya?

Pertama, guru mapel bahasa Indonesia harus menguasai empat kompetensi guru, yakni pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Dengan kemampuan tersebut, guru akan menjalankan profesinya dengan baik.

Kedua, guru mapel bahasa Indonesia harus melakukan pembelajaran berpusat pada siswa. Menurut pemikiran KHD (Ki Hajar Dewantara), pendidikan harus berhamba pada anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Dengan kemampuan tersebut, potensi siswa akan tergali.

Ketiga, guru mapel bahasa Indonesia harus menguasai materi. Menguasai materi dikaitkan dengan teks-teks yang akan dibelajarkan. Konsep menguasai mengacu pada mampu memahami dan memproduksi teks. Dengan kemampuan tersebut, guru akan menjadi model ideal bagi siswa-siswanya.

Keempat, guru mapel bahasa Indonesia harus menjadi teladan bagi siswa-siswanya. Siswa akan melihat sosok gurunya. Jika guru tidak mampu memberikan teladan yang baik, siswa tidak akan berperilaku baik. Guru merupakan model bagi siswa-siswanya dalam segala hal.

Kelima, guru mapel bahasa Indonesia harus menguasai teknologi. Saat ini sudah memasuki era 4.0. Teknologi semakin canggih. Seorang guru harus mengikuti perkembangan zaman. Seorang guru harus mampu menggunakan teknologi yang tepat dan inovatif dalam pembelajaran. Dengan kemampuan tersebut, pembelajaran akan menyenangkan.

Baca Juga: Selamat! Guru Honorer Bisa Diangkat PPPK 2022 Tanpa Tes, Ini Kategorinya

Keenam, guru mapel bahasa Indonesia harus menguasai pendekatan, model, dan teknik pembelajaran. Seorang guru harus kreatif dan inovatif. Dengan kemampuan tersebut, pembelajaran tidak akan monoton. Siswa akan menyenangi pembelajaran bahasa Indonesia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Diri dan Orang Lain dengan Komedi Putar

Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:45 WIB

Nama Bangunan yang Menjadi Nama Desa dan Kelurahan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:41 WIB

Hidup Jangan Kebanyakan Sambat

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:26 WIB

Sosiopreneur Generasi Milenial melalui Agroedupark

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:40 WIB

Bahan Bangunan dari Cicalengka (1907-1941)

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:01 WIB

Penguatan Status Kepegawaian Perangkat Desa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Mari Memperbanyak Boks Buku di Stasiun Kereta Api!

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB

Invasi Rusia di Ukraina Menuju Tahap Akhir

Kamis, 22 September 2022 | 20:11 WIB

Memahami Tatib Sekolah dengan Menjadi Reporter

Selasa, 20 September 2022 | 21:15 WIB
X