Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

- Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB
Hari Pertama siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 Persen di SD Putraco Indah | Seperti kita ketahui bersama bahwa ada tiga tipe gaya belajar; gaya belajar visual, auditori dan gaya belajar kinestetik. (Ayobandung.com/Magang/Algifari Tohaga Abdillah)
Hari Pertama siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 Persen di SD Putraco Indah | Seperti kita ketahui bersama bahwa ada tiga tipe gaya belajar; gaya belajar visual, auditori dan gaya belajar kinestetik. (Ayobandung.com/Magang/Algifari Tohaga Abdillah)

Seperti kita ketahui bersama bahwa ada tiga tipe gaya belajar; gaya belajar visual, auditori dan gaya belajar kinestetik.

Pemerintah melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum merdeka. Sepemahaman saya, ruh dari kurikulum merdeka belajar ini bermakna memberikan kesempatan belajar secara bebas dan nyaman kepada siswa untuk belajar dengan tenang, santai dan gembira tanpa stres dan tekanan. Dan tentu saja dengan memperhatikan bakat alami yang mereka miliki, tanpa memaksa mereka mempelajari atau menguasai suatu bidang pengetahuan di luar hobi dan kemampuan yang mereka miliki.

Untuk itulah setidaknya ada dua hal yang perlu mendapat perhatian khusus, yakni menerapkan merdeka belajar berdasar gaya belajar dan menerapkan merdeka belajar sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa.

Khusus tulisan saya kali ini akan mengulas tentang menerapkan merdeka belajar berdasar gaya belajar. Artinya, siswa kelas X atau fase E ini ditempatkan dalam satu kelas berdasar gaya belajar yang sama yang dimiliki oleh siswa.

Dalam buku Pahami Gaya Belajarmu, menurut Fleming dan Mills, gaya belajar merupakan kecenderungan siswa untuk mengadaptasi strategi tertentu dalam belajarnya sebagai bentuk tanggung jawabnya untuk mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai dengan tuntutan belajar di kelas/sekolah maupun tuntutan dari mata pelajaran.

Seperti kita ketahui bersama bahwa ada tiga tipe gaya belajar; gaya belajar visual, auditori dan gaya belajar kinestetik. Masing-masing gaya belajar ini memiliki keunikan, kekhasan tersendiri yang membedakan antara gaya belajar satu dengan lainnya.

Gaya Belajar Visual

Hari Pertama siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 Persen di SD Putraco Indah (Ayobandung.com/Magang/Algifari Tohaga Abdillah)

Kita cermati gaya belajar visual yang lebih menekankan pada penggunaan penglihatannya untuk bisa memahami suatu yang baru. Siswa yang memiliki gaya belajar visual mempunyai rasa nyaman bila menggunakan aneka warna, bentuk dan garis. Juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai artistik semisal perpaduan warna, bentuk ataupun lainnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Diri dan Orang Lain dengan Komedi Putar

Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:45 WIB

Nama Bangunan yang Menjadi Nama Desa dan Kelurahan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:41 WIB

Hidup Jangan Kebanyakan Sambat

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:26 WIB

Sosiopreneur Generasi Milenial melalui Agroedupark

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:40 WIB

Bahan Bangunan dari Cicalengka (1907-1941)

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:01 WIB

Penguatan Status Kepegawaian Perangkat Desa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Mari Memperbanyak Boks Buku di Stasiun Kereta Api!

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB

Invasi Rusia di Ukraina Menuju Tahap Akhir

Kamis, 22 September 2022 | 20:11 WIB

Memahami Tatib Sekolah dengan Menjadi Reporter

Selasa, 20 September 2022 | 21:15 WIB
X