Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB
Ada beberapa alasan kenapa banyak freelancer Indonesia menggunakan Paypal. (Unsplash.com/Marques Thomas)
Ada beberapa alasan kenapa banyak freelancer Indonesia menggunakan Paypal. (Unsplash.com/Marques Thomas)

Sabtu pagi, 30 Juli 2022, saat hendak sarapan, saya kaget bukan kepalang saat mengetahui kalau Paypal diblokir oleh Kominfo.

Berusaha tenang, selesai sarapan, saya mencoba log in ke akun Paypal saya melalui aplikasi mobile. Apa yang terjadi? Saya tidak bisa log in. Diliputi kecemasan, saya mencoba mencari tahu apakah benar Paypal telah diblokir oleh Kominfo.

Tak butuh waktu lama, saya mendapati banyak situs berita yang sudah membahas hal ini. Bahkan, di Twitter pun menjadi trending topic dengan #blokirkominfo. Sontak saya panik ketika itu, bagaimana nasib uang saya yang masih tertahan di sana? Apakah akan hilang?

Jumlah uang saya yang masih tertahan di Paypal sekitar $215,53, buat saya jumlah segini begitu besar. Kebayang kan, jika sampai uang ini hilang bagaimana rasanya? Pasti ‘nyesek banget’. Duh, Kominfo, sebelum memutuskan untuk melakukan pemblokiran, ada baiknya berikan dulu kesempatan kepada para freelancer agar bisa menarik uangnya.

Sabtu pagi sekitar jam sembilan atau sepuluh, saya coba iseng buka situs Paypal melalui web apakah masih tidak bisa diakses. Ternyata, bisa! Saya tidak tahu kenapa bisa begitu. Mungkin proses pemblokiran masih butuh waktu hingga tidak bisa diakses secara menyeluruh. Tentu, kesempatan ini saya gunakan sebaik mungkin untuk melakukan penarikan dana dari Paypal ke rekening bank.

Baca Juga: PayPal Mulai Dinormalisasi Hari Ini, Menkominfo Berharap Perusahaan Segera Daftar PSE

Paypal sudah begitu akrab di hati para freelancer Indonesia. Maka, ketika Kominfo melakukan pemblokiran secara mendadak, banyak freelancer yang mengeluh dan merasa kecewa atas tindakan yang dilakukan oleh Kominfo. Tak sedikit juga yang melakukan aksi protes hingga tagar blokirkominfo menjadi trending topic di Twitter.

Banyak dana para freelancer yang masih tertahan di Paypal. Jumlahnya pun tak sedikit. Jika dana itu tidak bisa diambil, lantas siapa yang akan bertanggungjawab? Seperti yang telah saya alami, dana saya masih tertahan sekitar $215,53. Jika dirupiahkan kurang lebih sekitar Rp. 3.000.000,-

Nominal yang cukup besar buat saya pribadi, apalagi di saat ekonomi sedang sulit begini. Tentu uang itu sangat berarti buat saya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Diri dan Orang Lain dengan Komedi Putar

Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:45 WIB

Nama Bangunan yang Menjadi Nama Desa dan Kelurahan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:41 WIB

Hidup Jangan Kebanyakan Sambat

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:26 WIB

Sosiopreneur Generasi Milenial melalui Agroedupark

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:40 WIB

Bahan Bangunan dari Cicalengka (1907-1941)

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:01 WIB

Penguatan Status Kepegawaian Perangkat Desa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Mari Memperbanyak Boks Buku di Stasiun Kereta Api!

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB

Invasi Rusia di Ukraina Menuju Tahap Akhir

Kamis, 22 September 2022 | 20:11 WIB

Memahami Tatib Sekolah dengan Menjadi Reporter

Selasa, 20 September 2022 | 21:15 WIB
X