Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB
BPS Kota Bandung dan Kelurahan Derwati.
BPS Kota Bandung dan Kelurahan Derwati.

AYOBANDUNG.COM -- Sesuai dengan perkembangan zaman, desa/kelurahan dituntut untuk meningkatkan kualitas sistem birokrasinya, yaitu agar lebih ringkas dan efisien.

Berdasarkan hal itu Badan Pusat Statistik (BPS) mencetuskan program baru untuk membantu desa/kelurahan mengembangkan sistem birokrasi mereka. Program itu adalah Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Program Desa Cantik ini merupakan salah satu implementasi Program Datu Data Indonesia.

Program Desa Cantik ini merupakan salah satu bentuk tanggung BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No.16 Tahun 1997 tentang statistik. Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa/kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan di dilaksanakan kembali di tahun ini.

Program Desa Cantik ini bertujuan meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan lainnya adalah Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik.

Tujuan berikutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan. Tujuan terakhir adalah untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan. Dengan Desa Cantik, desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejak awal bulan Maret tahun 2022, Pembina Desa Cantik BPS Kota Bandung telah melakukan beberapa kali kunjungan ke kantor Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari,  Kota Bandung untuk melakukan diskusi dan pembinaan statistik yang dilakukan di sana.

Salah satu hasil kunjungan itu adalah pembangunan website oleh kelurahan Derwati. Saat ini website tersebut sudah dapat diakses oleh masyarakat di alamat https://www.derwatirumasa.com.

Website terdiri atas home, pelayanan, profil, LKK, dan galeri. Home menjelaskan kegiatan di kelurahan Derwati, profil menjelaskan porfil kelurahan Derwati, pelayanan adalah layanan untuk masyarakat, misalnya mengunduh formulir, LKK menjelaskan Lembaga yang ada di kelurahan, dan galeri yang memuat dokumentasi kegiatan di kelurahan Derwati. Website ini akan terus dikembangkan demi kemudahan akses masyarakat  terhadap informasi dan layanan pemerintah kelurahan Derwati.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Mahluk Halus Jadi Nama Geografi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Sudah Menjaga Pola Makan, Kenapa Masih Sering Sakit?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:15 WIB

Raden Dewi Sartika di Cicalengka (1894-1902)

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:33 WIB

Nama Geografi Menjadi Istilah Geomorfologi Khas Sunda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Wisata dari Titik Nol Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB

Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB

Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Citayeum, Citayem, dan Citayam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB
X