Kenali Banyaknya Ragam Jenis Lalapan Sunda agar Tidak Monoton

- Senin, 1 Agustus 2022 | 15:42 WIB
Biasanya jenis lalapan Sunda yang sering ada di rumah makan sunda adalah kol, surawung (kemangi), saladah bokor (selada bokor), dan lainnya. (Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata | Lisensi CC)
Biasanya jenis lalapan Sunda yang sering ada di rumah makan sunda adalah kol, surawung (kemangi), saladah bokor (selada bokor), dan lainnya. (Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata | Lisensi CC)

Rumah makan yang menawarkan makanan-makanan khas sunda dalam menunya, memiliki banyak hidangan utama, mulai dari ikan bakar, ikan goreng, pepes ikan, pepes ayam dan banyak lagi macamnya.

Namun, apapun hidangan utamanya, pasti ada hidangan yang selalu hadir bersamanya, yaitu lalapan atau dalam bahasa sunda disebut lalab.

Lalapan seolah menjadi hidangan yang wajib ada di meja makan masyarakat sunda maupun rumah makan sunda. Berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan oleh Fadly Rahman, seorang dosen di Universitas Padjadjaran, kebiasan mengkonsumsi lalapan oleh masyarakat sunda diperkirakan sudah terjadi sejak abad ke-10.

Masyarakat sunda percaya bahwa banyak mengkonsumsi lalapan dapat berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Dan kepercayaan ini divalidasi oleh ilmu pengetahuan modern yang mengatakan bahwa beberapa jenis lalapan memang memiliki kandungan betakaroten yang baik untuk kesehatan kulit.

Biasanya jenis lalapan yang sering ada di rumah makan sunda adalah kol, surawung (kemangi), saladah bokor (selada bokor), kacang panjang, timun dan sebagainya.

Namun apakah anda tahu bahwa tidak semua jenis lalap dapat dengan mudah ditemui di restoran-restoran sunda?

Baca Juga: Societeit Soekasari di Cicalengka antara Tahun 1891 hingga 1941

Faktanya, dalam buku Lalab dalam Budaya dan Kehidupan Masyarakat Sunda dikatakan bahwa terdapat  sekitar banyak ragam jenis tanaman yang biasa dijadikan lalapan oleh masyarakat sunda, terdiri dari 20 jenis buah-buahan muda, 18 jenis bunga, dan 59 jenis pucuk atau daun muda serta belasan biji-bijian. Bahkan Riadi Darwis mengatakan ada lebih dari 600 jenis lalapan yang mungkin juga biasa dikonsumsi oleh masyarakat sunda.

Pada tulisan ini akan dijelaskan beberapa jenis tanaman dari daun, buah dan umbi umbian yang dapat dijadikan lalapan, sebagai pilihan untuk anda yang bosan dengan lalapan yang itu-itu saja.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Mahluk Halus Jadi Nama Geografi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Sudah Menjaga Pola Makan, Kenapa Masih Sering Sakit?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:15 WIB

Raden Dewi Sartika di Cicalengka (1894-1902)

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:33 WIB

Nama Geografi Menjadi Istilah Geomorfologi Khas Sunda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Wisata dari Titik Nol Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB

Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB

Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Citayeum, Citayem, dan Citayam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB
X