Air Mata Duyung Punya Kekuatan Magis Hanyalah Mitos

- Jumat, 8 Juli 2022 | 21:31 WIB
Di Indonesia, masih banyak yang percaya bahwa air mata ikan duyung memiliki kekuatan magis. Oleh karena itu, masyarakat terus memburunya. (Pixabay/McleroyPhotography)
Di Indonesia, masih banyak yang percaya bahwa air mata ikan duyung memiliki kekuatan magis. Oleh karena itu, masyarakat terus memburunya. (Pixabay/McleroyPhotography)

 

Di Indonesia, masih banyak yang percaya bahwa air mata ikan duyung memiliki kekuatan magis. Oleh karena itu, masyarakat terus berburu ikan duyung untuk diambil air matanya.

Duyung atau sapi laut (Dugong dugon) merupakan sepupu lembu laut (manate) dan memiliki penampilan montok yang serupa. Duyung adalah mamalia laut.

Ia memiliki ekor seperti lumba-lumba.

Menurut Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP), duyung merupakan bagian penting dari ekosistem laut, dan sekaligus menjadi barometer kesehatan laut. Herbivora pemalu ini bergantung pada padang lamun untuk bertahan hidup.

Setiap kali duyung merumput dan mengaduk sedimen berkontribusi pada siklus nutrisi di lingkungan sekitarnya. Duyung juga menyuburkan dasar laut berkat kotorannya. Populasi duyung yang sehat merupakan tanda adanya ekosistem padang lamun yang sehat.

Namun, ada fakta menyedihkan terkait duyung ini. Karena ukurannya yang besar dan lamban, duyung sering menjadi sasaran empuk para pemburu. Mereka menangkap duyung untuk diambil dagingnya, kulitnya, tulangnya, giginya, bahkan air matanya.

Baca Juga: Kecamatan Cigentur dan Kecamatan Narawita, 1879-1913 di Cicalengka

Di Indonesia, orang membeli air mata duyung karena mereka percaya air mata duyung memiliki kekuatan magis untuk digunakan sebagai ramuan pelet, afrodisiak, serta untuk ritual dan acara-acara tradisional. Bahkan, ada juga yang masih percaya bahwa air mata duyung memiliki efek pesugihan.

Ketika pencarian dilakukan di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci bahasa Indonesia “minyak duyung atau air mata duyung”, misalnya, kita akan menemukan para pedagang yang menawarkan air mata duyung secara online dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang puluhan ribu hingga yang ratusan ribu rupiah per botol kecil.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Bangunan yang Menjadi Nama Desa dan Kelurahan

Rabu, 5 Oktober 2022 | 16:41 WIB

Hidup Jangan Kebanyakan Sambat

Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:26 WIB

Sosiopreneur Generasi Milenial melalui Agroedupark

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:40 WIB

Bahan Bangunan dari Cicalengka (1907-1941)

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:01 WIB

Penguatan Status Kepegawaian Perangkat Desa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Mari Memperbanyak Boks Buku di Stasiun Kereta Api!

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB

Invasi Rusia di Ukraina Menuju Tahap Akhir

Kamis, 22 September 2022 | 20:11 WIB

Memahami Tatib Sekolah dengan Menjadi Reporter

Selasa, 20 September 2022 | 21:15 WIB

Citisuk

Senin, 19 September 2022 | 15:35 WIB
X