Karasak itu Nama Pohon dari Keluarga Ficus

- Kamis, 9 Juni 2022 | 11:50 WIB
Pohon, daun, bunga, dan buah keresek (Ficus superba MIQ). (Sam, 5 Feb 2020. Ciri-ciri Pohon Kresek. )
Pohon, daun, bunga, dan buah keresek (Ficus superba MIQ). (Sam, 5 Feb 2020. Ciri-ciri Pohon Kresek. )

Tumbuhan karasak atau keresak, termasuk keluarga Moraceae, genus Ficus, spesies Ficus superba MIQ. Pohon ini tingginya dapat mencapai 30 meter.

Dalam bahasa Sunda ada kata karasak, keresek, korosok, kurusuk, yang semuanya merupakan tiruan bunyi.

Karasak, misalnya, adalah tiruan bunyi bila ada seresah kering yang tertiup angin, atau bila ada orang atau binatang yang berjalan di atas seresah kering tersebut. 

Lalu, mengapa bunyi karasak, krasak, keresek, atau kresek menjadi nama geografi, seperti yang ada di Provinsi Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur? Di Jawa Barat umumnya diucapkan karasak dan keresek, sementara di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, diucapkan krasak dan kresek

Pada umumnya, nama geografinya disesuaikan dengan kata yang diucapkannya. Di Jawa Barat menjadi Karasak, atau Krasak, terutama di Jawa Barat yang kesehariannya berbahasa Jawa, seperti di Indramayu. Juga di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur menjadi Krasak.

Sebagai conto, di Kota Bandung, Jawa Barat, ada nama geografi Kelurahan Karasak yang berada di Kecamatan Astanaanyar. Selain menjadi nama kelurahan, karasak juga menjadi nama jalan. Di Kabupaten Karawang pun ada nama geografi karasak, yaitu Dusun Karasak, Desa Tegalsari, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang.

Juga nama dusun ini menjadi nama jalan, Jalan Karasak Wadas di Dusun Cikarang, Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Atau menjadi nama ruas jalan, seperti Jalan raya Johar – Karasak, Kabupaten Karawang. Demikian juga di Kabupaten Indramayu ada nama geografi Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang.

Nama geografi krasak, terdapat di DI Yogyakarta, di sana ada nama Jalan Krasak, Kotabaru, Gondokusuman. Masih di Yogyakarta, ada Kali Krasak. Ada juga Kali Opak, yang mempunyai arti yang sama, yaitu nama lain untuk tumbuhan krasak.

Di Provinsi Jawa Tengah, di Kabupaten Wonosobo, ada Desa Krasak, Kecamatan Mojotengah. Juga di Kabupaten Kudus, ada nama Desa Tumpangkrasak, Kecamatan Jati.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASEAN Diapit Dua Konflik

Senin, 27 Juni 2022 | 14:49 WIB

Mengapa India Ditinggalkan Australia cs?

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:55 WIB

Ukraina di Ambang Perdamaian?

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:14 WIB

Cibacang dan Cilimus yang Abadi dalam Toponimi

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:42 WIB

Haruskah Indonesia Bergabung dengan BRICS?

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:08 WIB

Mencetak Generasi ‘Boseh’

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:00 WIB

Pecinan Cicalengka sejak 22 Januari 1872

Kamis, 9 Juni 2022 | 16:25 WIB

Karasak itu Nama Pohon dari Keluarga Ficus

Kamis, 9 Juni 2022 | 11:50 WIB
X