Terwujudnya Satu Data Kependudukan Indonesia

- Selasa, 24 Mei 2022 | 16:47 WIB
Proses kegiatan pendataan sensus penduduk 2020. (Dok. Penulis)
Proses kegiatan pendataan sensus penduduk 2020. (Dok. Penulis)

Bulan Mei-Juni 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Sensus Penduduk 2020.

Sensus penduduk lanjutan ini atau disebut sampel long form nantinya akan menghasilkan karakteristik penduduk, perumahan serta parameter mengenai demografi yang mencakup fertilitas, mortalitas dan mobilitas penduduk yang lebih lengkap.

Berbagai materi publisitas telah dilakukan demi tercapainya kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini. Diantaranya melakukan sosialisasi kepada pemerintah daerah setempat dengan harapan bisa sampaikan kepada warga masyarakat. Kemudian dilakukan juga dengan bantuan mitra kerja BPS sendiri yang tersebar di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Peranan teknologi juga dirasa sangat membantu untuk menyebarluaskan proses kegiatan ini. Tercatat dari total populasi di Indonesia jumlah pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sama dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021.

Baca Juga: Tadarus Buku di Bandung: Kini dan Dulu

Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu. Dengan memanfaatkan teknologi, dirasakan akan sangat mudah bagi pengguna untuk mendapatkan informasi terkini.

Melihat pada fakta di atas tidak mustahil jika publisitas terus dilakukan secara masif oleh seluruh jajaran BPS di seluruh Indonesia pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan akan tercapai secara maksimal, sehingga apa yang menjadi tujuan dari Sensus Penduduk akan tercapai yaitu menyediakan data jumlah, komposisi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Masalah Lapangan

Kegiatan pendataan ini menggunakan perangkat android atau menggunakan aplikasi Computer Assisted Personal Interviewering (CAPI) dan Paper And Pencil Interviewing (PAPI). Pelaksanaan kegiatan ini nantinya para petugas pendata akan melakukan proses wawacara dengan mendatangi responden secara door to door dengan berbekal data dari hasil Sensus Penduduk 2020.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata dari Titik Nol Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB

Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB

Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Citayeum, Citayem, dan Citayam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB

Curug Pelangi, Seindah Namanya

Senin, 25 Juli 2022 | 15:20 WIB
X