Belajar Regulasi Adopsi Anak lewat Film 'Instant Family'

- Senin, 16 Mei 2022 | 20:17 WIB
Film Instant Family dapat menjadi sumber inspirasi  untuk dapat memahami proses dan alur yang harus dilewati untuk mengadopsi anak. (Instagram/instantfamily)
Film Instant Family dapat menjadi sumber inspirasi untuk dapat memahami proses dan alur yang harus dilewati untuk mengadopsi anak. (Instagram/instantfamily)

Adakah dari kalian yang berpikir untuk mengadopsi anak? Well, ternyata untuk mengadopsi anak tidak semudah yang kita bayangkan lho. Bukan hanya sekadar datang ke sebuah agensi atau yayasan adopsi dan dapat menjadi orang tua angkat dalam sekejap, melainkan juga banyak persiapan yang harus dilakukan untuk mengadopsi anak, seperti kesiapan materi, fisik, mental, maupun dokumen untuk proses pengangkatan anak.

Film Instant Family dapat menjadi sumber inspirasi kalian untuk dapat memahami bagaimana proses dan alur yang harus dilewati untuk mengadopsi anak.

Film yang dirilis pada tahun 2018 ini mengisahkan tentang pasangan suami istri, Pete dan Ellie, yang mengalami kekosongan setelah pernikahan dan dicemooh para kerabat lantaran belum memiliki anak. Suatu saat, keduanya mempertimbangkan untuk mengadopsi seorang anak balita. Keduanya mendatangi acara orientasi anak di sebuah yayasan adopsi. Alih- alih mengadopsi seorang balita, Pete dan Ellie mengadopsi tiga bersaudara sekaligus, yakni Lizzie (15 tahun), Juan (10 tahun), dan Lita (6 tahun). 

Selama proses pengadopsian anak, keduanya dibimbing dan diawasi oleh pekerja sosial, Karen dan Sharon. Karen dan Sharon menekankan bahwa mengadopsi dan mengasuh anak bukanlah hal yang mudah. Selama masa percobaan mengasuh tiga bersaudara tersebut, Pete dan Ellie mengalami berbagai kesulitan, mulai dari Lita yang mudah tantrum jika keinginannya tidak dipenuhi, Juan yang terlalu emosional, sampai Lizzie yang keras dan sulit menerima Pete dan Ellie.

Baca Juga: Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Secara berkala, Pete dan Ellie melakukan konsultasi perkembangan calon anak angkat mereka dengan Karen dan Sharon bersama para calon orang tua angkat lainnya di yayasan adopsi. Film ini memberikan gambaran suka duka Pete dan Ellie mengasuh anak sampai pada masa persidangan yang menentukan layak tidaknya mereka untuk mengadopsi Lizzie, Juan, Lita.

Secara garis besar, filmInstant Family” juga memberi gambaran bagaimana proses mengadopsi anak melalui lembaga di Indonesia. Menurut Peraturan Jenderal Rehabilitasi Sosial Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Prosedur Pengangkatan Anak, untuk dapat mengadopsi anak diawali dengan mendatangi yayasan adopsi lalu konsultasi dengan Dinas Sosial setempat apakah memenuhi persyaratan atau tidak untuk mengadopsi.

Persyaratan-persyaratan tersebut meliputi keterangan kesehatan fisik dan jiwa Calon Orang Tua Angkat (COTA), keterangan penghasilan, surat pernyataan motivasi pengangkatan anak, dan lain-lain. Apabila semua berkas dokumen sudah dilengkapi, petugas Dinas Sosial akan melakukan home visit dan menilai kelayakan COTA.

Selanjutnya, jika COTA dinilai layak oleh Dinas Sosial, maka COTA akan diberi izin untuk melakukan pengasuhan sementara calon anak angkat selama enam bulan. Dalam kurun waktu enam bulan tersebut, Tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak yang dibentuk Dinas Sosial akan mengawasi kelayakan pengasuhan sementara tersebut. Jika COTA dinyatakan layak, tim tersebut akan menerbitkan SK Izin Pengangkatan Anak dari Kepala Dinas Sosial untuk dibawa ke sidang penetapan pengadilan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa India Ditinggalkan Australia cs?

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:55 WIB

Ukraina di Ambang Perdamaian?

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:14 WIB

Cibacang dan Cilimus yang Abadi dalam Toponimi

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:42 WIB

Haruskah Indonesia Bergabung dengan BRICS?

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:08 WIB

Mencetak Generasi ‘Boseh’

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:00 WIB

Pecinan Cicalengka sejak 22 Januari 1872

Kamis, 9 Juni 2022 | 16:25 WIB

Karasak itu Nama Pohon dari Keluarga Ficus

Kamis, 9 Juni 2022 | 11:50 WIB

Para Pejabat Cicalengka Tahun 1871-1923

Jumat, 3 Juni 2022 | 15:02 WIB
X