Manfaat Tadarus di Pagi Hari

- Senin, 18 April 2022 | 16:23 WIB
Membaca al Quran atau tadarus pada bulan Ramadhan ini sangat dianjurkan karena selain limpahan pahala yang akan diberikan oleh allah SWT. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Membaca al Quran atau tadarus pada bulan Ramadhan ini sangat dianjurkan karena selain limpahan pahala yang akan diberikan oleh allah SWT. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Membaca al Quran atau tadarus pada bulan Ramadhan ini sangat dianjurkan karena selain limpahan pahala yang akan diberikan oleh allah SWT.

Tak terasa bulan Ramadhan sudah memasuki pertengahan bulan. Setiap tanggal 17 Ramadhan selalu diperingati Nuzulul Quran atau turunnya al Quran. Tentu saja hal ini mengingatkan kepada kita semua bahwasannya al Quran sebagai petunjuk bagi umat Islam jangan sampai dilupkan karena meninggalkan al Quran sama artinya menjauhi pedoman hidup yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

Membaca al Quran atau tadarus pada bulan Ramadhan ini sangat dianjurkan karena selain limpahan pahala yang akan diberikan oleh allah SWT. Hal ini adalah bagian dari ibadah shaum pada bulan ini yang jelas memberikan manfaat dan makna yang begitu berarti bagi siapa saja yang melakukannya. Oleh karena segenap kaum muslimin yang sedang melaksanakan ibadah shaum maka ada baiknya melakukan tadarus ini dengan menyediakan waktu khusus untuk melakukannya.

Tentu saja untuk bertadarus ini boleh dilakukan kapan saja karena semua waktu itu lebih baik. Akantetapi jika memilih waktu pagi setidaknya memiliki keutamaan dibanding dengan waktu-waktu yang lain walaupun tetap tidak mengurangi makna keberkahan dari kebiasaan membaca al Quran itu sendiri.  Mengapa mesti dipilih pagi apalagi setelah selesai Shalat Subuh karena sangat memungkinkan tenaga dan pikiran masih fresh untukmelakukannya.

Berikut keuntungan membaca al Quran di pagi hari. Hal ini sengaja mestidipaparkan agar menarik siapapun untuk melakukannya. Bercengkerama dengan al quran berarti sama artinya sedang meguatkan jiwa pada pagi itu serta untuk membuat diri kita akan senantiasa dekat dengan Allah melalui kalam yang telah digoreskan-Nya.

Baca Juga: Meski Kaya Nutrisi, Terung Pipit Masih kalah Populer dari Leunca

Pertama, pagi hari masih fresh dan belum terbebani dengan rutinitas pekerjaan sehingga membaca al Quran akan bisa lebih terfokus karena memilik konsentrasi yang begitu kuat. Sehingga dalam hal ini kita tentunya mengutamakan terlebih dahulu membaca kalam-kalam Ilahi yang insha Allah akan memberi keberkahan dari pagi itu sampai kepada malam harinya. Bukan berrati tidak boleh membaca bacaan lain. Namun begitu jika di pagi hari kita telah membaca al Quran maka dengan sendirinya kita telah dikuatkan dengan bacaan itu sehingga jiwa kita akan kokoh dan selalu yakin dengan ketentuan Allah yang ditentukan satu hari itu.

Kedua, memilih pertama kali untuk mendapat bacaan yang menguatkan keimanan dan ketakwaan sebelum membaca bacaan-bacaan lain dan sumber bacaan itu tiada lain adalah al quran. Dengan membaca al Quran selain mendapatkan pahala juga jelas akan mengokohkan jiwa karena firman-firman allah tersebut memiliki kandungan yang sangat penuh nilai sebagai petunjuk bagi kehidupan yang kita jalani selama ini.Setidaknya al Quran bisa menjadi panduan hidup yang kita butuhkan. Sehingga ketika ada kesulitan serta problem yang menimpa maka senantiasa kita akan diberi petunjuk dan akan selalu tenang untuk menghadapinya.

Baca Juga: Buka Bersama Wujud Kepedulian yang Berlipat Pahala

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Mahluk Halus Jadi Nama Geografi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Sudah Menjaga Pola Makan, Kenapa Masih Sering Sakit?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:15 WIB

Raden Dewi Sartika di Cicalengka (1894-1902)

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:33 WIB

Nama Geografi Menjadi Istilah Geomorfologi Khas Sunda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Wisata dari Titik Nol Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB

Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB

Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Citayeum, Citayem, dan Citayam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB
X