Mempelajari Karakter Orang Melalui Kebiasaannya

- Minggu, 23 Januari 2022 | 10:00 WIB
Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda dengan yang lainnya. Akan ada perbedaan-perbedaan. (Pixabay/AbsolutVision)
Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda dengan yang lainnya. Akan ada perbedaan-perbedaan. (Pixabay/AbsolutVision)

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda dengan yang lainnya.

Dalam satu keluarga misalnya, kita bisa melihat karakter ayah dan ibu yang sangat jauh berbeda, antara anak pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya, juga akan ada perbedaan-perbedaan.

Atas dasar inilah kita dituntut untuk saling memahami dan menghormati satu sama lain. Jangan sampai kita menjadi pribadi yang selalu mengedepankan ego, tak mau mendengarkan pendapat dan masukan dari orang lain.

Mempelajari karakter orang lain tentu menjadi hal yang tak boleh diabaikan begitu saja. Karena dengan mengetahui karakter orang lain, kita akan menjadi lebih berhati-hati saat bersikap, berbicara, dan bergaul dengan mereka. Mempelajari karakter orang dapat dilakukan dengan cara, misalnya melihat kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan kesehariannya.

Baca Juga: Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021: Darurat Kekerasan Seksual Atau Dekadensi Moral?

Nur Aini Oktavia dalam buku Simple Ways to Read People Characteristics (Diva Press, 2014) menguraikan ragam teknik membaca karakter orang lain dari berbagai segi secara akurat. Misalnya, membaca atau mempelajari kepribadian seseorang melalui caranya berbicara, menatap lawan bicaranya, melalui gesture atau bahasa tubuh (tapi bukan gesture yang dibuat-buat, melainkan gesture alami atau natural yang ditampakkan dalam keseharian), dan lain-lain.

Berdasarkan penjelasan Nur Aini Oktavia, ada banyak respons saat kita berbicara dengan orang lain. Ada banyak gaya bicara yang kita temui saat berhadapan dengan pasangan dialog kita. Disadari ataupun tidak, sebenarnya cara berbicara seseorang itu menandakan karakter si pembicara. Dengan memahami makna di balik cara berbicara seseorang, kita akan lebih paham karakter pasangan bicara dialog kita. Berikut ini beberapa gaya atau cara bicara seseorang yang biasanya menunjukkan kepribadian atau karakternya (hal. 64-66):

Pertama, tidak mau mendengar dan hanya mau didengar. Mungkin Anda pernah berjumpa dengan orang seperti ini, misalnya dia berbicara berkobar-kobar dan berbicara terus-menerus tanpa memberi waktu orang lain untuk bicara, dan kita hanya sebagai pendengar. Ketika giliran kita berbicara, ia malah tak mau mendengarkan. Orang dengan cara bicara seperti ini biasanya memiliki karakter pemalas, cerdik, pembohong/pembual, suka merendahkan orang lain, sombong/merasa paling hebat, tidak bertanggung jawab, pemarah, keras kepala, mau menang sendiri.

Baca Juga: Geotrek, Belajar di Alam dengan Senang dan Nikmat

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran Guru Mewujudkan Sumedang Simpati

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB

Misteri Uga Bandung dan Banjir Dayeuh Kolot

Senin, 9 Mei 2022 | 12:02 WIB

Penduduk Cicalengka Tahun 1845 dan 1867

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:10 WIB
X