Konflik Iran dengan Israel Lebih Berbahaya Dibanding AS dan China

- Senin, 3 Januari 2022 | 08:46 WIB
Bandingkan dengan potensi konflik Israel dan Iran. Teheran tegas menyatakan akan melenyapkan Israel dari muka bumi terutama karena masalah Palestina.  (Pixabay/rquevenco)
Bandingkan dengan potensi konflik Israel dan Iran. Teheran tegas menyatakan akan melenyapkan Israel dari muka bumi terutama karena masalah Palestina. (Pixabay/rquevenco)

Bandingkan dengan potensi konflik Israel dan Iran. Teheran tegas menyatakan akan melenyapkan Israel dari muka bumi terutama karena masalah Palestina.  

Presiden Joe Biden meskipun tidak sevokal Presiden Trump tidak mengendurkan perhatiannya kepada Beijing.  China dianggapnya merupakan pesaing dalam berbagai hal.

Biden bekerjasama dengan Kongress meloloskan Endless Frontier Act. Undang-undang ini kemudian beralih nama menjadi Undang-undang Inovasi dan Persaingan Amerika Serikat. Tujuannya untuk mempertahankan keunggulan Amerika Serikat terutama di bidang teknologi.

UU berfokus antara pada pelatihan dan pendidikan tentang   kecerdasan buatan, komputasi kuantum, super konduktor serta berbagai bentuk kecerdasan buatan.

Selain daripada itu, Biden menaikkan anggaran belanja militer untuk tahun fiskal 2022. Khusus untuk kawasan Pasifik-Barat jumlahnya dinaikkan US$7,1 miliar atau sekitar Rp 101 triliun. Kenaikan ini mencerminkan perhatian yang lebih besar ke kawasan di mana terdapat China, Semenanjung Korea dan Laut China Selatan.

Baca Juga: Relasi antara Hewan dengan Manusia

Sekalipun berlangsung penguatan militer oleh China maupun Amerika Serikat namun kedua negara menghindari  konflik militer. Mereka memilih Perang Dingin dengan memperluas ruang pengaruh, melancarkan propaganda dan sanksi di sektor ekonomi, perdagangan dan keuangan.

China yang mempunyai cadangan devisa berlimpah. Begitupun Amerika Serikat dengan dukungan Jepang cs meluncurkan berbagai rencana yang akan membantu  negara-negara berkembang. China dengan OBOR. Jepang dengan memperbanyak investasi. Amerika Serikat membentuk pakta bersama Inggris dan Australia (AUKUS). 

Perbandingan

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi dan Pasar Saham Indonesia

Rabu, 6 Juli 2022 | 12:41 WIB

Kerbau di Cicalengka Tahun 1880-1900

Minggu, 3 Juli 2022 | 19:36 WIB

Menengok Alasan Seseorang Tetap Melajang

Jumat, 1 Juli 2022 | 15:53 WIB

ASEAN Diapit Dua Konflik

Senin, 27 Juni 2022 | 14:49 WIB

Mengapa India Ditinggalkan Australia cs?

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:55 WIB

Ukraina di Ambang Perdamaian?

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:14 WIB

Cibacang dan Cilimus yang Abadi dalam Toponimi

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:42 WIB
X