Alasan Orang Menonaktifkan Centang Biru pada Aplikasi WhatsApp

- Senin, 20 Desember 2021 | 13:45 WIB
Sekuat alasan orang menonaktifkan centang biru pada aplikasi WhatsApp? Jawabannya tentu relatif dan beragam. (Wikimedia Commons/Santeri Viinamäki (Lisensi CC))
Sekuat alasan orang menonaktifkan centang biru pada aplikasi WhatsApp? Jawabannya tentu relatif dan beragam. (Wikimedia Commons/Santeri Viinamäki (Lisensi CC))

Sekuat alasan orang menonaktifkan centang biru pada aplikasi WhatsApp? Jawabannya tentu relatif dan beragam.

Sebagian dari kita tentu masih ingat, dulu ketika awal-awal munculnya ponsel, kita begitu dimudahkan dalam berkomunikasi melalui pesan SMS dengan tarif yang cukup terjangkau, hanya beberapa rupiah saja.

Ahmad Luthfi (Okezone.com, 6/2/2018) menulis, Short Message Service (SMS) merupakan komponen layanan pesan singkat yang ada pada telepon seluler, world wide web dan sistem perangkat mobile. SMS tampak populer pada zaman feature phone atau sebelum munculnya era smartphone.

Di era kiwari, ketika teknologi semakin berkembang pesat, di mana smartphone atau ponsel pintar begitu memanjakan kita dengan beragam aplikasi, orang-orang perlahan tapi pasti mulai meninggalkan layanan SMS untuk berkomunikasi sehari-hari.

Orang-orang, termasuk saya, lebih nyaman berkomunikasi dengan para kerabat dan sahabat yang jauh melalui aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat dengan WA. Tak heran bila layanan SMS saat ini tak lagi diminati. Sebab sudah tersedia layanan yang lebih modern, canggih, dan lebih murah, yang tak sekadar mengirim pesan tulisan tetapi juga bisa saling berkirim gambar, rekaman suara dan video, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Baca Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Pengirim, Gampang Banget

Alasan lain mengapa orang-orang saat ini lebih memilih aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari karena tak lagi menyedot pulsa sebagaimana saat berkirim pesan melalui SMS. Memang pada saat itu biaya SMS hanya beberapa rupiah saja, tapi bila kita sering menggunakannya, maka pulsa bisa cepat habis.

Wikipedia mencatat, WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan daring, berbagai file, bertukar foto, dan lain sebagainya.

Aplikasi WhatsApp yang begitu canggih dan memanjakan siapa saja dalam menjalin komunikasi, nyatanya memiliki sisi (dampak) yang menurut saya kurang bagus efeknya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB

Misteri Uga Bandung dan Banjir Dayeuh Kolot

Senin, 9 Mei 2022 | 12:02 WIB

Penduduk Cicalengka Tahun 1845 dan 1867

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:10 WIB
X