Pecel Gudeg: Sajian Lezat dari Jember Jawa Timur, Paduan Istimewa Pecel dan Gudeg

- Selasa, 30 November 2021 | 17:59 WIB
Pecel gudeg khas Jember, perpaduan istiemwa antara pecel dan gudeg. (Badiatul Muchlisin Asti)
Pecel gudeg khas Jember, perpaduan istiemwa antara pecel dan gudeg. (Badiatul Muchlisin Asti)

Soal pecel gudeg, kita memang harus menyebut Jember, Jawa Timur, karena di “kota suwar-suwir” itulah kuliner itu berada dan populer serta menjadi salah satu jujugan wisata kuliner di sana.

Boleh dikata, Jawa Timur adalah surga bagi para pencinta kuliner Indonesia. Di wilayah ini, banyak dijumpai kuliner-kuliner lezat seperti rawon, ayam lodho, soto ayam, rujak cingur, nasi krawu, sate komoh, ate klopo, sate ponorogo, dan sebagainya. 

Juga, di Jawa Timur dijumpai sejumlah kreasi kuliner yang merupakan fusion (kombinasi) dari dua menu, antara lain rujak soto, pecel lodeh, pecel rawon, dan pecel gudeg. Yang disebut terakhir, yaitu pecel gudeg, adalah kreasi kuliner yang populer di Jember.  

Jawa Timur memang gudangnya pecel. Di wilayang ini ada beberapa pecel yang masyhur, yaitu pecel blitar, pecel semanggi, pecel kediri, pecel ponorogo, dan pecel madiun. Adapun gudeg, populer sebagai kuliner khas Jogjakarta. Bagaimana bila dua kuliner pusaka itu dipadu? Maka, jadilah pecel gudeg.

Soal pecel gudeg, kita memang harus menyebut Jember, Jawa Timur, karena di “kota suwar-suwir” itulah kuliner itu berada dan populer serta menjadi salah satu jujugan wisata kuliner di sana.

Pecel gudeg adalah kreasi brilian, memadukan dua kuliner lintas daerah menjadi sebuah “kuliner baru” dengan cita rasa yang istimewa. Pecel dan gudeg dipadu ternyata menghasilkan cita rasa yang unik dan eksotik. Pantas bila kreativitas ini berbuah berkah dan apresiasi masyarakat berupa penerimaan oleh publik atas kuliner ini.

Baca Juga: Gudeg: Ikon Kuliner Jogjakarta, Kreasi Prajurit Mataram dan Simbol Perlawanan

Dalam seporsi pecel gudeg, terdiri dari pecel berupa kacang panjang dan kecambah yang disiram sambal kacang yang tone-yang cukup pedas, sepotong daging ayam, telur, gudeg yang terbuat dari nangka muda yang diolah gurih, sambal goreng krecek, dan sambal, serta diilengkapi lauk rempeyek kacang.

Cita rasa gudeg dalam pecel gudeg dimodifikasi dan disesuaikan dengan selera masyarakat Jawa Timur. Rona gudeg dalam pecel gudeg tidak secoklat gudeg Jogja. Taste-nya pun disesuaikan. Bila gudeg khas Jogja umumnya cenderung manis, gudeg dalam pecel gudeg Jember lebih cenderung gurih-asin sesuai selera lidah masyarakat Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuan Mata Uang Kripto untuk Siapa?

Senin, 23 Mei 2022 | 16:13 WIB

Mendesak Perlunya Tim Ahli Toponimi di Daerah

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:02 WIB

Peran Guru Mewujudkan Sumedang Simpati

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB

Misteri Uga Bandung dan Banjir Dayeuh Kolot

Senin, 9 Mei 2022 | 12:02 WIB
X