Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

- Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB
[Ilustrasi bulu tangkis]Sekarang saatnya Indonesia perlu melakukan diversifikasi atau perluasan prestasi cabor supaya makin banyak medali  yang didapat. (Pexels/Vladislav Vasnetsov)
[Ilustrasi bulu tangkis]Sekarang saatnya Indonesia perlu melakukan diversifikasi atau perluasan prestasi cabor supaya makin banyak medali yang didapat. (Pexels/Vladislav Vasnetsov)

Sekarang saatnya Indonesia perlu melakukan diversifikasi atau perluasan prestasi cabor supaya makin banyak medali  khususnya medali emas yang dibawa pulang  ke negeri ini.

Dalam Olimpiade Tokyo 2020 yang telah lewat, Indonesia berhasil memperoleh medali melalui cabang olahraga atau cabor bulu tangkis dan angkat besi, bahkan bulu tangkis mampu mempersembahkan medali emas pada  nomor ganda putri.

Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, mempertandingkan 46 cabang olahraga, seperti atletik, renang, sepak bola, bulu tangkis, dan masih banyak lagi lainnya. Olimpiade Tokyo terpaksa mundur satu tahun, dari yang seharusnya digelar pada 2020, akibat pandemi Covid-19. Prestasi olahraga Indonesia untuk tingkat dunia memang masih pada beberapa cabor langganan peraih medali seperti bulu tangkis dan angkat besi.

Sekarang saatnya Indonesia perlu melakukan diversifikasi atau perluasan prestasi cabor supaya makin banyak medali  khususnya medali emas yang dibawa pulang  ke negeri ini.

Bila dirunut lagi pada saat  Olimpiade Tokyo 2020, sebenarnya ada beberapa cabor yang bisa menyumbangkan medali, namun pada pertandingan tersebut kita belum bisa berbuat banyak dalam prestasi.

Beberapa cabor tersebut adalah bola voli pantai, kano, sepeda gunung, dayung, layar, selancar dan panjat tebing. 

Baca Juga: Catur dan Momentum Bangkitnya Olahraga Nasional

Cabang-cabang olahraga itu, jika dibina dengan baik sangat mungkin untuk mempersembahkan medali-medali, sebab sarana-sarana untuk mengembangkan cabor-cabor tadi sudah tersedia secara alami.  Keadaan wilayah geografis Indonesia berupa pegunungan, tebing, sungai, laut dan pantai merupakan sebuah anugerah yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan prestasi-prestasi olah raga nasional dalam arena olahraga internasional.

Keadaan wilayah geografis Indonesia sangat menunjang untuk berbagai cabor yang menggunakan kondisi alam seperti cabor-cabor di atas tadi. Kemampuan bakat alamiah yang ditunjang dengan pengembangan latihan secara profesional dapat memunculkan Atlet-Atlet berprestasi pada cabor yang menggunakan arena luar gedung. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Geotrek, Belajar di Alam dengan Senang dan Nikmat

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:25 WIB

Mengenal Manfaat Transit Oriented Development (TOD)

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:35 WIB

Kapitalisme Kekuasaan Zaman

Senin, 17 Januari 2022 | 16:45 WIB

Geotrek Lintas Kars Citatah

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:01 WIB

Adopsi Spirit Doll: Antara Tren, Sugesti, dan Delusi

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:53 WIB

Rekor! Menlu AS Kunjungi 112 Negara

Selasa, 11 Januari 2022 | 15:15 WIB

Kehancuran Jati Diri Budaya yang Nyata

Minggu, 9 Januari 2022 | 12:22 WIB
X