Pindang Serani: Sajian Sup Ikan Laut dari Jepara, Berawal dari Bekal Nelayan Melaut

- Rabu, 24 November 2021 | 16:05 WIB
Pindang Serani, hidangan ikan kuah kuning atau sup ikan laut dari Jepara, konon tercipta oleh nelayan sebagai bekal berlayar. (Badiatul Muchlisin Asti)
Pindang Serani, hidangan ikan kuah kuning atau sup ikan laut dari Jepara, konon tercipta oleh nelayan sebagai bekal berlayar. (Badiatul Muchlisin Asti)

Pindang Serani, hidangan ikan kuah kuning atau sup ikan laut dari Jepara, konon tercipta oleh nelayan sebagai bekal berlayar.

Jepara termasuk salah satu daerah di Jawa Tengah yang istimewa. Jepara terkenal dengan julukan “Bumi Kartini” karena kota ini memiliki kaitan erat dengan sejarah pahlawan emansipasi wanita Indonesia, RA Kartini. Jepara juga dijuluki Kota Ukur Dunia” karena populer dengan sentra kerajinan ukiran kayu yang terkenal hingga mancanegara.

Eksotisme dan keindahan wisata alam yang beragam yang dimiliki Jepara, menjadikan Jepara pula pantas menyandang tagline The Beauty of Java. Jepara juga memiliki khazanah kuliner khas yang cukup kaya. Antara lain ada sayur betik, lontong krubyuk, opor panggang, soto jepara, singit, dan lain-lain. Satu lagi, yang tak boleh dilewatkan dan cukup populer di blantika kuliner Indonesia, yaitu pindang serani. 

Pindang serani adalah hidangan berkuah khas Jepara berupa sup ikan laut. Kuahnya bercita rasa seger, paduan gurih, pedas, dan asem. Meski dinamakan pindang, namun bahan utama pindang serani bukanlah “ikan pindang” yang biasa kita dikenal. Kata “pindang” di sini lebih merujuk pada pindang dalam bahasa Jawa kuno yang berarti sup yang berempah. Jenis ikan laut yang biasa dibuat untuk pindang serani antara lain ikan bandeng, kerapu, kakap, dan lain-lain, yang memang banyak ditemukan di kota pesisir Jepara.

Baca Juga: Selat Solo, Kuliner Lezat Khas Solo Hasil Akulturasi Jawa dan Belanda

Rekomendasi Pindang Serani di Jepara

Di Jepara, pindang serani tersedia di sejumlah rumah makan. Salah satunya adalah Rumah Makan Pondok Bambu Samadiyo yang terletak di Jalan AE. Suryani, Jepara. Letak rumah makan ini sangat strategis, hanya sekitar 200 meter sebelum memasuki Obyek Wisata Pantai Kartini Jepara.

Yang istimewa, rumah makan yang buka mulai pukul 08.00 sampai 21.30 ini menyediakan tempat indoor maupun outdoor table dengan view laut langsung. Sehingga pengunjung bisa menikmati sajian lezat pindang serani yang segar dengan sembari meilihat indahnya debur ombak laut. Juga, karena jaraknya yang dekat dengan objek wisata Pantai Kartini, rumah makan yang didirikan Ibu Aspiyah pada 2004 ini seringkali jadi pilihan tempat makan rombongan pariwisata dari luar daerah.

Selain Rumah Makan Pondok Bambu Samadiyo, ada juga rekomendasi yang lain terkait rumah makan yang menyediakan pindang serani di kota Jepara, yaitu Rumah Makan Cipto Roso yang terletak di Jalan Dr. Sutomo, Jobokuto, Kauman, Jepara. Rumah makan ini tak hanya menyediakan pindang serani, namun pindang serani menjadi suguhan favorit pengunjung, baik pengunjung dalam maupun luar kota.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASEAN Diapit Dua Konflik

Senin, 27 Juni 2022 | 14:49 WIB

Mengapa India Ditinggalkan Australia cs?

Kamis, 23 Juni 2022 | 13:55 WIB

Ukraina di Ambang Perdamaian?

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:14 WIB

Cibacang dan Cilimus yang Abadi dalam Toponimi

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:42 WIB

Haruskah Indonesia Bergabung dengan BRICS?

Selasa, 14 Juni 2022 | 22:08 WIB

Mencetak Generasi ‘Boseh’

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:00 WIB

Pecinan Cicalengka sejak 22 Januari 1872

Kamis, 9 Juni 2022 | 16:25 WIB

Karasak itu Nama Pohon dari Keluarga Ficus

Kamis, 9 Juni 2022 | 11:50 WIB
X