Demam Belanja Online Berkedok Self Healing

- Selasa, 23 November 2021 | 17:18 WIB
Siapa sih yang bakalan enggak tergiur kalap belanja online kalau ada potongan harga dan diskon besar-besaran? (Pixabay/mohamed_hassan)
Siapa sih yang bakalan enggak tergiur kalap belanja online kalau ada potongan harga dan diskon besar-besaran? (Pixabay/mohamed_hassan)

Siapa sih yang bakalan enggak tergiur kalap belanja online kalau ada potongan harga dan diskon besar-besaran?

Ditambah lagi dengan jasa pengiriman yang gratis atau familiar kita sebut gratis ongkir. Namun, siapa sangka sarana relaksasi Self Healing dengan belanja online ternyata malah memicu timbulnya perilaku konsumtif seseorang.

Beberapa hari yang lalu tepat pada tanggal 11 bulan November merupakan hari yang penting khususnya bagi para pecinta belanja online. Mengapa demikian? karena hari tersebut jatuh bertepatan dengan tanggal dan bulan yang sama yaitu 11.11. Seperti yang kita ketahui hari tersebut merupakan hari yang penuh kejutan dengan adanya penawaran berbagai promosi yang disampaikan di beberapa lapak atau media e-commerce.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan maju memberikan kemudahan salah satunya dalam bidang ekonomi yaitu terciptanya aktivitas perdagangan secara elektronik.

Setiap bulannya pada tanggal unik tertentu, lapak penyedia e-commerce tidak tanggung–tanggungnya sering memberikan beragam potongan harga maupun diskon besar- besaran untuk menarik daya beli masyarakat. Sehingga tidak mengherankan jika fenomena seperti ini juga akan ditemui setiap bulannya di tanggal dan angka bulan yang sama.

Penawaran menarik beragam barang, peralatan dan perlengkapan hidup memang asyik untuk di simak. Berbagai macam promo, voucher serta diskon yang ditawarkan, ditambah lagi dengan strategi marketing yang disampaikan berhasil mendongkrak perhatian dari sejumlah masyarakat.  

Bagi seseorang yang sedang mengalami kepenatan dalam menjalani aktivitasnya seperti lelah dan stress karena seharian bekerja, kemudian mencoba memberikan reward terhadap dirinya atas pencapaian yang telah ia lakukan dalam rangka menenangkan pikirannya, belanja online bisa menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut. Secara tidak langsung upaya menenangkan diri dengan cara belanja online tersebut dapat digolongkan ke dalam upaya Self Healing.

Baca Juga: Tip Belanja Online Agar Selalu Untung

Self Healing sendiri berasal dari dua kata yaitu Self yang memiliki arti diri dan Healing yang berarti penyembuhan, sehingga Self Healing berarti penyembuhan diri. Menurut ilmu psikologi, Self Healing merupakan sebuah tahapan dimana di dalam prosesnya membantu menyembuhkan luka batin dengan kekuatan batin sendiri tanpa bantuan orang lain.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terwujudnya Satu Data Kependudukan Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:47 WIB

Tadarus Buku di Bandung: Kini dan Dulu

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:24 WIB

Cuan Mata Uang Kripto untuk Siapa?

Senin, 23 Mei 2022 | 16:13 WIB

Mendesak Perlunya Tim Ahli Toponimi di Daerah

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:02 WIB

Peran Guru Mewujudkan Sumedang Simpati

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB
X