Villa Isola: Venesia Kecil di Bandung Utara

- Senin, 22 November 2021 | 16:59 WIB
Villa Isola adalah Villa Berretty, Venesia kecil di Bandung utara. Simbol-simbolnya mengacu pada simbol kota Venesia di Italia. (Moderne woning architectuur in ned.indie)
Villa Isola adalah Villa Berretty, Venesia kecil di Bandung utara. Simbol-simbolnya mengacu pada simbol kota Venesia di Italia. (Moderne woning architectuur in ned.indie)

Villa Isola adalah Villa Berretty, Venesia kecil di Bandung utara. Simbol-simbolnya mengacu pada simbol kota Venesia di Italia.

Siapa tak mengenal Villa Isola? Vila peninggalan pengusaha media di Hindia Belanda bernama Dominique Willem Berretty ini menjadi satu dari sekian banyak bangunan peninggalan era kolonial yang masih berdiri hingga saat ini di kota Bandung.

Villa yang dibangun pada bulan Maret hingga Desember 1933 ini melibatkan kurang lebih 700 orang pekerja dibawah pengawasan biro konstuksi Algemeen Ingenieurs en Architecten (AIA) sedangkan kepala arsiteknya dipegang oleh Prof Charles Prosper Wolff Schoemaker, seorang arsitek kelahiran Banyubiru, Semarang. Dikutip dari buku Arsitektur tropis modern, karya dan biografi CP Wolff Schoemaker, karya JC Van Dullemen “Bagi Shoemaker, Villa Isola adalah salah satu penugasan arsitektur paling sulit yang pernah ditangani”.

Dalam perkembangannya setelah villa diresmikan pada tahun 1933, status kepemilikan villa beberapa kali mengalami perubahan. Setelah D.W. Berrety meninggal akibat kecelakaan pesawat, pada tahun 1935 villa disewa oleh P.J van Es selaku Direktur Savoy Homman dan namanya berubah menjadi Hotel Isola. Ketika perang dunia II meletus, pemerintah Hindia Belanda mengambil alih Hotel Isola untuk dijadikan markas militer di bawah pimpinan Mayjen J.J Pesman sebelum akhirnya menyerah setelah pasukan Belanda berhasil dikalahkan oleh Jepang disekitar Ciater dan sekitar tahun 1943/1944 pemerintahan Jepang di Indonesia menjadikan Hotel Isola menjadi Museum Strategi Perang Jawa (Djawa Sakusen Kinenkan) yang peresmiannya dihadiri oleh Jendral Terauchi.

Setelah peristiwa pemboman Nagasaki dan Hirosima oleh Amerika Serikat, Jepang mendeklarasikan kekalahannya pada perang dunia II, imbasnya pasukan Jepang di Indonesia ditarik kembali ke negaranya dan banyak asset yang sebelumnya dikuasai oleh Jepang akhirnya ditinggalkan termasuk Villa Isola. Saat itulah Isola untuk pertama kalinya “dikuasai” oleh pribumi ketika TKR (Tentara Kemanan Rakyat) Batalyon Bandung utara dan kelompok pemuda pejuang menjadikan Villa Isola sebagai basis markas perjuangan ketika pasukan sekutu (Inggris) menggempur Isola saat agresi militer tahun 1948, pertempuran itu kemudian dikenal dengan nama “Batlle of Tjigoledang”.

Kemudian Antara tahun 1951/1954 setelah lama terbengkalai akibat sisa sisa perang, Villa Isola akhirnya  dibeli seharga satu setengah juta rupiah dan lalu dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia melalui kementrian PP&K. Terdengar kabar yang mewakili keluarga D.W. Berretty saat proses jual beli itu adalah Gerda Berretty, anak dari Aline Elodie Maria Berends.

Maka terhitung sejak tahun 1955 Villa Isola resmi menjadi kampus PTPG yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayan (PP dan K) Mohammad Yamin mewakili Perdana Menteri Mr. Ali Sastroamidjojo dan secara resmi Villa Isola berganti nama menjadi gedung Bumi Siliwangi yang hingga sekarang menjadi bagian dari kampus UPI Bandung dan difungsikan sebagai gedung Rektorat.

Dua Santo pelindung isola

Gerbang utama Villa Isola. (Moderne woning architectuur in ned.indie)

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Barsisha dan Ajaran Berharga tentang Aib Manusia

Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB

Peluang Iran untuk Sedikit Bernapas

Senin, 29 November 2021 | 15:17 WIB

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB

Demam Belanja Online Berkedok Self Healing

Selasa, 23 November 2021 | 17:18 WIB

Pemimpin Masa Depan Bicara di Forum Dialog IISS

Selasa, 23 November 2021 | 08:56 WIB

Villa Isola: Venesia Kecil di Bandung Utara

Senin, 22 November 2021 | 16:59 WIB

Joki Tugas, Rahasia Umum di Masyarakat

Minggu, 21 November 2021 | 19:19 WIB

Mendidik dengan Sepenuh Hati

Minggu, 21 November 2021 | 16:24 WIB

Risalah Untuk Calon Suamiku

Minggu, 21 November 2021 | 12:42 WIB
X