Sate Ayam Margasari, Sate Ayam Gaya Tegal yang Tak Kalah Lezat

- Jumat, 12 November 2021 | 12:48 WIB
Proses pembakaran sate ayam Margasari.  (Foto: Badiatul M. Asti)
Proses pembakaran sate ayam Margasari. (Foto: Badiatul M. Asti)

Sate ayam Margasari adalah mutiara kuliner Indonesia. Boleh dibilang, sate ayam Margasari adalah sate ayam gaya Tegal yang punya ciri khas tersendiri.

Dalam khazanah kuliner Indonesia, sate ayam termasuk sate yang paling umum dikonsumsi. Di berbagai daerah, kita jumpai sate ayam dengan ciri khas masing-masing, baik dari aspek bumbu maupun cara penyajiannya.

Di antara sate ayam khas daerah di Indonesia, ada beberapa sate ayam yang populer sehingga sering disebut, antara lain: sate Madura, sate Ponorogo, sate Ambal (Kebumen), sate bulayak (NTT), dan sate srepeh (Rembang).

Ada satu lagi, yang jarang bahkan nyaris dilewatkan pada setiap perbincangan terkait sate ayam Indonesia, namun sesungguhnya punya style beda dan cita rasa tersendiri yang tak kalah lezat. Sate ayam itu adalah sate ayam Margasari.

Sate ayam Margasari memang tak tenar. Boleh jadi kalah pamor dengan sate madura. Hampir semua wilayah di Indonesia “dikuasai” marketnya oleh sate Madura. Boleh jadi, selain lezat dan cocok di selera lidah sebagian besar masyarakat Indonesia, orang Madura juga punya tradisi merantau sebagaimana orang Padang.

Meski tak populer, sate ayam Margasari adalah mutiara kuliner Indonesia. Sate ayam Margasari adalah sisi lain dari Tegal yang sejauh ini identik dengan sate kambing. Boleh dibilang, sate ayam Margasari adalah sate ayam gaya Tegal yang punya ciri khas tersendiri, baik dalam hal penyajian maupun cita rasa.

Lezatnya sate ayam Margasari dinikmati dengan potongan lontong yang diguyur kuah kuning kental. (Foto: Badiatul M Asti)

Setidaknya ada ciri khas yang menandai sate ayam Margasari: Pertama; daging ayam pada sate ayam Margasari dipotong relatif lebih besar. Sajian pelengkapnya berupa saus kacang pada umumnya, dengan tone gurih manis. Selain itu, ada sambal kecapnya, yang disajikan terpisah.

Kedua; sate ayam Margasari biasa disantap dengan nasi atau lontong yang diguyur kuah kuning kental mirip kuah dalam kupat blengong. Atau mirip kuah pada sate Padang, tapi kuningnya lebih cerah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB

Misteri Uga Bandung dan Banjir Dayeuh Kolot

Senin, 9 Mei 2022 | 12:02 WIB

Penduduk Cicalengka Tahun 1845 dan 1867

Jumat, 6 Mei 2022 | 19:10 WIB
X