Hotel Domba di Banjarsari Ciamis, untuk Manusia atau Hewan?

- Kamis, 4 November 2021 | 16:24 WIB
Hotel domba di Banjarsari Ciamis sudah banyak mengecoh banyak orang. Banyak juga yang bertanya penginapan ini untuk manusia atau hewan? (Dok. pribadi)
Hotel domba di Banjarsari Ciamis sudah banyak mengecoh banyak orang. Banyak juga yang bertanya penginapan ini untuk manusia atau hewan? (Dok. pribadi)

Mendengar Hotel Domba selintas orang tentu tidak akan percaya. Benar saja, teman penulis pun terkecoh dan menyangka jika hotel tersebut adalah penginapan untuk manusia.

Namun setelah sampai ke lokasi justru yang dilihatnya ternyata penginapan khusus domba.

Memang terkesan unik, tetapi hal ini merupakan program yang dicanangkan orang-orang desa untuk menjaga lingkungan sekaligus menciptakan wahana edukasi bagi anak-anak serta tempat dan kunjungan bagi kelompok tani yang hendak melakukan studi ke tempat yang satu ini.

Bahkan di hari libur sering dilakukan kontes domba untuk bisa menghibur pengunjung yang datang ke tempat ini. Kalau adu domba sih tidak ada. Tetapi karena saat pandemi makanya kegiatan kontes pun sementara ditiadakan.

Namun kalau sudah keadaannya normal sepertinya kegiatan ini akan dilakukan lagi karena menjadi salah satu kegiatan unggulan dan menarik. Bukan itu saja, siapapun yang datang dapat meloihat langsung-langsung domba di kandang dan juga memberi makan kepada domba-domba itu.

Ternyata mencari nama Hotel Domba di Google Maps pun tidak susah dan nama itu segera muncul. Dengan petunjuk itulah maka tak sulit ketika masuk dari Jalan utama Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Tempat ini persis dilewati kendaraan yang menuju kawasan Pantai Pangandaran atau pulang setelah berlibur dari sana.

Sebelum masuk ke lokasi tampak terlihat jelas Plang Hotel Domba, Pangangonan Farm, Bumdes Cibadak dan selanjutnya sedikit turun ke bawah akan terlihat kandang-kandang domba sebagai penginapan domba tersebut. Di sana pun terdapat lapangan kecil untuk kontes dan berjemur domba-doba itu.

Lokasinya berada di Dusun Pasir Goong Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis dan untuk mencapai lokasi ini mesti melewati jalanan yang sedikit berliku serta melewati perkampungan. Sayang ketika datang ke lokasi yang dimaksud justru kondisi hotel yang dituju ini tampak tak terawat.

Bukan tidak dirawat, namun karena ada pandemi ini justru aktivitas di sana sengaja ditutup, yang tentu saja membuat kegiatan yang  biasa dilakukan dihentikan dan membuat kondisi ini menjadi sepi serta hanya terdengar domba-domba saja yang mengembik. Tetapi domba yang menginap di sana tetap dilayani dengan baik dan selalu diberi makan dengan rumput. Semua itu dilakukan dalam rangka mendukung program Pemerintah agar orang tidak terpapar virus Covid-19 yang mungkin bisa jadi dibawa pendatang.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berpikir Kritis Bisa Cegah Investasi Bodong

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:52 WIB

Manfaat Perdagangan Ekspor untuk Perekonomian

Senin, 24 Januari 2022 | 15:07 WIB

Mempelajari Karakter Orang Melalui Kebiasaannya

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:00 WIB

Geotrek, Belajar di Alam dengan Senang dan Nikmat

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:25 WIB

Mengenal Manfaat Transit Oriented Development (TOD)

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:35 WIB

Kapitalisme Kekuasaan Zaman

Senin, 17 Januari 2022 | 16:45 WIB

Geotrek Lintas Kars Citatah

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:01 WIB
X