Fakta di Balik Mimpi dalam Tidur Kita Selama Ini

- Senin, 25 Oktober 2021 | 19:06 WIB
[Ilustrasi bermimpi saat tidur] Ada fakta di balik mimpi yang terjadi dalam tidur kita selama ini. Apakah itu bagian dari kenyataan atau rekayasa pikiran semata? (Pixabay/CDD20)
[Ilustrasi bermimpi saat tidur] Ada fakta di balik mimpi yang terjadi dalam tidur kita selama ini. Apakah itu bagian dari kenyataan atau rekayasa pikiran semata? (Pixabay/CDD20)

Ada fakta di balik mimpi yang terjadi dalam tidur kita selama ini. Apakah itu bagian dari kenyataan atau rekayasa pikiran semata?

Semua orang pasti merasakan bermimpi tentang sesuatu saat mereka sedang tertidur. Mimpi-mimpi tersebut bisa berupa mimpi indah, mimpi buruk, atau pun mimpi mengenai apa keinginan dan harapan mereka.

Namun sampai saat ini, mimpi dalam tidur menjadi sesuatu yang masih diperdebatkan dalam masyarakat.

Ada yang menyebut mimpi itu nyata dan ada yang menyebutnya sebagai sebuah pertanda terhadap suatu hal atau bahkan sesuatu yang tidak nyata, dan hanya ada di pikiran saja.

Jadi apakah mimpi itu sesuatu yang nyata?

Mimpi merupakan sebuah kejadian dimana bagian dari otak kita yang biasa terjaga menjadi tidak bekerja dan beristirahat saat kita tertidur. Bagian otak tersebut bekerja lebih berat pada saat kita beraktivitas.

Pada saat bermimpi otak kita sedang memproses penyelesaian suatu masalah maupun memikirkan skill baru terhadap suatu hal yang sebelumnya kita pikirkan atau kerjakan. Saat kita bermimpi dan menutup kelopak mata, sebenarnya mata kita bergerak mengikuti mimpi kita. Gerakan mata tersebut dikenal dengan nama REM (Rapid Eye Movement).

REM merupakan definisi dari gerakan mata yang cepat dan kelumpuhan tubuh yang menjadi faktor manusia bermimpi. Mimpi tidak hanya terjadi pada manusia saja, hewan mamalia seperti kucing juga bisa bermimpi sedang berlari mengejar sesuatu.

Alasan mengapa kucing bermimpi sedang berlari adalah karena keseharian mereka atau kegiatan yang dia lakukan yaitu sedang mengejar sesuatu. Jadi kegiatan yang kita lakukan dapat mempengaruhi mimpi yang akan kita rasakan atau dapatkan saat tidur.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nama Geografi Menjadi Istilah Geomorfologi Khas Sunda

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Wisata dari Titik Nol Bandung

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB

Penempatan Siswa di Kelas berdasar Gaya Belajar

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:45 WIB

Paypal Diblokir, Bagaimana Nasib para Freelancer?

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:19 WIB

Mari Kita Sukseskan Desa Cantik

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Citayeum, Citayem, dan Citayam

Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB
X