Semua Guru adalah Guru Bahasa

- Senin, 25 Oktober 2021 | 09:08 WIB
Ilustrasi Guru (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi Guru (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Teruntuk para guru bahasa, bantu kami dalam mengerti dan melestarikan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kami butuh Anda, wahai guru bahasa.

Pernahkah melihat seorang mahasiswa yang salah ketika menulis bahasa Indonesia sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)?

Mungkin hal tersebut tidak jarang ditemui atau bahkan, Anda sendiri mungkin masih melakukan kesalahan tersebut.

Ya, memang tidak mudah untuk mengetahui secara sempurna penulisan yang baik sesuai KBBI dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Namun, hal tersebut bukan berarti tidak dapat dilakukan.

Seharusnya, mahasiswa dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar sesuai KBBI dan PUEBI. Hal ini disebabkan secara umur dan pengalaman, mahasiswa dapat dikatakan lebih memiliki sepak terjang yang lebih jauh jika dibandingkan siswa Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah ke Atas (SMA).

Mengapa hal ini dapat terjadi? Apakah sebelum mereka menjadi mahasiswa mereka tidak mendapatkan pelajaran bahasa? Atau mungkin mereka sebenarnya mendapatkannya, tetapi tidak secara maksimal?

Sejatinya, penggunaan bahasa Indonesia yang benar merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam hal tulis-menulis. Manusia selalu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Mereka melakukan komunikasi demi memenuhi keinginannya sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dalam melakukan kerja sama.

Sebelum menggunakan bahasa dengan baik dan benar dalam percakapan sehari-hari, mahasiswa setidaknya harus dapat menguasai bahasa dengan baik dan benar ketika mengerjakan tugas yang diberikan. Apalagi, jika tugas yang diberikan akan menjadi karya yang dipublikasikan kepada khalayak luas.

Banyak mahasiswa yang belum mengetahui mana kata yang sesuai dengan KBBI dan PUEBI ketika menulis untuk suatu tugas atau hal yang perlu menggunakan kata baku. Hal ini dapat terjadi karena mereka sedari awal tidak diberi tahu mana yang benar.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Ngaku Bestie Kalau Masih Suka Nyinyir

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:01 WIB

Berpikir Kritis Bisa Cegah Investasi Bodong

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:52 WIB

Manfaat Perdagangan Ekspor untuk Perekonomian

Senin, 24 Januari 2022 | 15:07 WIB

Mempelajari Karakter Orang Melalui Kebiasaannya

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:00 WIB

Geotrek, Belajar di Alam dengan Senang dan Nikmat

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:25 WIB

Mengenal Manfaat Transit Oriented Development (TOD)

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:35 WIB
X