Misteri Perang Bubat dan Prasasti Horren yang Misterius

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:01 WIB
Prasasti Horren menyatakan bahwa ada serangan dari wilayah Kerajaan Sunda ke wilayah timur, yang diduga sebagai Perang Bubat. (Wikimedia Commons)
Prasasti Horren menyatakan bahwa ada serangan dari wilayah Kerajaan Sunda ke wilayah timur, yang diduga sebagai Perang Bubat. (Wikimedia Commons)

Prasasti Horren menyatakan bahwa ada serangan dari wilayah Kerajaan Sunda ke wilayah timur, yang diduga sebagai Perang Bubat.

 

Sebelum masuk membahas prasasti yang diduga berkaitan dengan peristiwa Bubat, maka penulis ingin membuat sebuah eksperimen pikiran terkait peristiwa Bubat dengan keadaan saat ini.

Jika misalnya saat ini telah terjadi hubungan bilateral di antara dua negara di kawasan Asia Tenggara, misalnya sebut saja negara A dan negara B. Kemudian kepala negara A dan rombongannya melakukan kunjungan kenegaraan ke negara B.

Lalu setibanya di bandara negara B, rombongan kenegaraan negara A tersebut tiba-tiba diserang oleh pasukan militer negara B, kemudian meninggal semuanya. Implikasi yang paling mungkin terjadi adalah pasti yang pertama terjadi suksesi di negara A, karena kepala negaranya telah meninggal.

Yang ke-dua pasti pemimpin yang baru di negara A menyatakan perang terhadap negara B, karena menyangkut harkat, martabat, dan kedaulatan sebuah bangsa dan negara. Selain implikasi hubungan bilateral, implikasi lainnya adalah hubungan multilateral kawasan Asia Tenggara. Pasti negara-negara kawasan Asia Tenggara akan mengecam dan mengucilkan negara B akibat peristiwa itu. 

Sekarang jika ditinjau peristiwa Bubat dengan kacamata seperti itu, maka logikanya Kerajaan Sunda kemungkinan besar akan menyatakan perang. Kemungkinan ke-dua, Kerajaan Majapahit akan dikecam dan dikucilkan oleh kerajaan-kerajaan yang satu kawasan sehingga peristiwa itu kemungkinan besar menjadi titik balik turunnya pamor dari Kerajaan Majapahit.

Hal yang perlu dicari adalah, adakah bukti prasasti yang menyatakan bahwa Kerajaan Sunda pernah menyerang Majapahit? Adakah bukti kecaman dari kerajaan-kerajaan lain pada Majapahit?

Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Hasan Djafar, bukti prasasti yang secara jelas menggambarkan peristiwa Bubat memang belum ditemukan. Kemudian bukti adanya kecaman terhadap Kerajaan Majapahit pun belum pula ditemukan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahan Bangunan dari Cicalengka (1907-1941)

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:01 WIB

Penguatan Status Kepegawaian Perangkat Desa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Mari Memperbanyak Boks Buku di Stasiun Kereta Api!

Kamis, 29 September 2022 | 11:27 WIB

Invasi Rusia di Ukraina Menuju Tahap Akhir

Kamis, 22 September 2022 | 20:11 WIB

Memahami Tatib Sekolah dengan Menjadi Reporter

Selasa, 20 September 2022 | 21:15 WIB

Citisuk

Senin, 19 September 2022 | 15:35 WIB

Indische Partij Cabang Cicalengka Tahun 1913

Minggu, 18 September 2022 | 14:51 WIB

Bogor Menjadi Destinasi Favorit yang Harus Dibenahi

Rabu, 14 September 2022 | 21:13 WIB
X