Jangan Bosan Berbuat Kebaikan Dalam Hidup Bermasyarakat

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Seorang barista memberikan makanan dan kopi gratis kepada warga di Kozi Coffe Dipatiukur, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin 5 Juli 2021. Kegiatan berbagi makanan, kopi, dan masker gratis tersebut digelar manajemen Kozi Coffee sebagai upaya membantu warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19.  (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Seorang barista memberikan makanan dan kopi gratis kepada warga di Kozi Coffe Dipatiukur, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin 5 Juli 2021. Kegiatan berbagi makanan, kopi, dan masker gratis tersebut digelar manajemen Kozi Coffee sebagai upaya membantu warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Dengan berbuat kebaikan maka akan mengundang kebaikan yang lain. Karena kebaikan yang dilakukan akan memberi manfaat untuk banyak orang.

Tentu saja, tak mudah mendapatkan lingkungan kehidupan yang ideal dan sesuai harapan kita. Seyogyanya kehidupan yang dijalankan seharusnya memberikan rasa nyaman dan juga mampu membahagiakan hati.

Dengan terkondisikannya keadaan yang baik maka akan menimbulkan dampak positif kepada kehidupan keluarga kita sendiri. Semua ini memang tidak mudah tetapi semuanya tergantung bagaimana kita sendiri mampu memiliki cara pandang terhadap realita kehidupan yang ada.

Pada kenyataannya, lingkungan masyarakat yang ada di sekitar kita datang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hal ini pulalah yang membuat kita tak bisa memilih apa yang kita inginkan. Sejatinya memang kehidupan yang kita jalani sejalan dengan harapan kita. Namun hal itu terkadang sulit untuk kita bisa mendapatkannya. Dengan demikian pola adaptasi yang dilakukan mesti dapat dilakukan secara baik sehingga kita mampu menginginkan role model yang kita inginkan.

Mengibaratkan ikan yang hidup di laut tetapi badannya tak pernah asin. Artinya, hidup di lingkungan manapun, tentunya kitalah sendiri yang harus menentukan pola seperti apa yang kemudian kita pilih hingga mampu mendorong anggota keluarga kita bisa menjalani hidup dengan baik dan mendapatkan nilai kehidupan yang penuh hikmah.

Di sini butuh seperangkat keilmuan dan kemampuan yang kita miliki sehingga mampu berpijak pada sebuah daerah tanpa terbawa arus yang mungkin dapat merugikan kehidupan keluarga kita sendiri.

Syekh Muhammad Jamil mengatakan ada beberapa etika dan adab yang harus diperhatikan dalam hidup bertetangga di tempat kita tinggal diantaranya yaitu mencintai kebaikan untuk tetangga kita sebagaimana kita mencintai akan kebaikan untuk diri sendiri, merasa bahagia ketika melihat tetangga mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan dan menjauhi seifat iri dan dengki.

Tentu saja modal yang paling utama dalam hidup bermasyarakat adalah di lingkungan kita hidup adalah sebisa mungkin berusaha untuk memberikan kebaikan kepada tetangga kita sendiri. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk tetangga samping kiri kanan kita. Kita bisa memberikan kebaikan itu dalam bentuk memberi materi untuk mengatasi kesulitan yang tengah dihadapinya, berbagai makanan yang bisa dinikmatinya atau melakukan hal yang banyak menyenangkan semua orang. Tentunya hal ini tak serta merta akan berbalas langsung kepada diri kita sendiri karena pasti saja ada orang yang tak suka dengan perbuatan kita. Tetapi percayalah jika kebaikan itu sendiri akan menghasilkan kebaikan untuk diri kita sendiri.   

Benar, yang mampu membuat kehidupan  itu semakin hidup adalah kebaikan. Karenanya unuk bisa hidup dalam lingkungan masyarakat yang heterogen adalah banyak melakukan kebaikan dalam segala hal. Terlepas orang akan memiliki pandangan yang berbeda dengan apa yang kita lakukan, tetapi kita mesti ingat jika kebaikan itu tetap buahnya adalah kebaikan juga.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lezatnya Nasi Ayam, Nasi Liwet Wong Semarang

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:09 WIB

Menguak Problem Mendasar Upah Buruh dan Solusinya

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:18 WIB

Kisah Barsisha dan Ajaran Berharga tentang Aib Manusia

Senin, 29 November 2021 | 16:55 WIB

Peluang Iran untuk Sedikit Bernapas

Senin, 29 November 2021 | 15:17 WIB

Diversifikasi Prestasi Olahraga Nasional

Minggu, 28 November 2021 | 08:30 WIB
X