Strategi Bisnis Membangun Loyalitas Pelanggan Jangka Panjang

- Senin, 11 Oktober 2021 | 13:47 WIB
Pelaku bisnis umumnya meningkatkan kemampuannya untuk memperoleh loyalitas pelanggan. Namun, hal tersebut tentunya bukan hal yang mudah. (Pixabay/Gerd Altmann)
Pelaku bisnis umumnya meningkatkan kemampuannya untuk memperoleh loyalitas pelanggan. Namun, hal tersebut tentunya bukan hal yang mudah. (Pixabay/Gerd Altmann)

Pelaku bisnis umumnya meningkatkan kemampuannya untuk memperoleh loyalitas pelanggan.

Namun, hal tersebut tentunya bukan hal yang mudah, perusahaan perlu juga melakukan rekayasa pasar di samping rekayasa produknya. 

Perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan untuk menawarkan cara-cara baru dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun loyalitas.

Jika dilihat pada gambar di atas, organisasi yang berorientasi modern akan membalikkan bagan sehingga pelanggan berada pada tingkatan puncak dan setiap bagian manajemen diharuskan terlibat dalam memenuhi dan melayani pelanggan.

Munculnya teknologi digital akan membuat pelanggan semakin memperoleh banyak informasi, semakin terdidik, dan berusaha mendapatkan alternatif terbaik sehingga pelaku bisnis diharapkan bukan sekedar terhubung dengan pelanggan, tetapi dapat menanggapi, mendengarkan, dan berusaha memuaskan pelanggan.

Harapan akan memengaruhi kepuasan pelanggan dan menentukan apakah pelanggan akan kembali membeli produk lagi atau tidak.

Harapan pelanggan dipengaruhi oleh word of mouth communication, kebutuhan pelanggan, dan pengalaman di masa lalu.

Pemasar harus dapat meningkatkan nilai penawaran dengan memerhatikan manfaat ekonomi, fungsional, dan psikologis yang dirasakan pelanggan, serta berusaha mengurangi satu atau lebih biaya.

Biaya yang diartikan di sini lebih dari sekadar uang, melainkan juga mencakup waktu, energi, dan biaya yang dikeluarkan pelanggan untuk memperoleh produk.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terwujudnya Satu Data Kependudukan Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:47 WIB

Tadarus Buku di Bandung: Kini dan Dulu

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:24 WIB

Cuan Mata Uang Kripto untuk Siapa?

Senin, 23 Mei 2022 | 16:13 WIB

Mendesak Perlunya Tim Ahli Toponimi di Daerah

Jumat, 20 Mei 2022 | 16:02 WIB

Peran Guru Mewujudkan Sumedang Simpati

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:40 WIB

Mengelola Nilai Kebijaksanaan

Senin, 16 Mei 2022 | 19:37 WIB

Juara Liga 1 Musim Ini Harga Mati untuk Persib!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:08 WIB

China Belajar dari Perang di Ukraina

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:31 WIB
X