Jangan Meremehkan Profesi Pembantu!

- Senin, 13 September 2021 | 22:30 WIB
Ilustrasi pembantu atau asisten rumah tangga. (Pixabay/Simon Kadula)
Ilustrasi pembantu atau asisten rumah tangga. (Pixabay/Simon Kadula)

Belum lama ini ramai diberitakan seorang artis dihujat oleh sebagian warganet karena dianggap telah merendahkan profesi pembantu.

Setiap profesi, apa pun itu, sejatinya saling berkaitan dengan profesi-profesi lainnya. Atau dengan kata lain, saling melengkapi dan membutuhkan. Kalau pun ada profesi yang (posisinya dianggap) lebih tinggi, tak lantas menjadikan seseorang dengan gampangnya meremehkan atau menghina profesi lain yang (dianggap) lebih rendah darinya.

Profesi pembantu misalnya, memiliki keterkaitan erat dengan sang majikannya. Tanpa pembantu, tentu sang majikan yang kesehariannya berprofesi (misalnya artis) tak dapat beraktivitas dengan lancar.

Merapikan dan membersihkan rumah hingga menyiapkan makanan menjadi tugas pembantu untuk kelancaran dan kemudahan sang artis. Hal ini menjadi sebuah bukti nyata bahwa pembantu memiliki jasa yang sangat besar bagi kehidupan sang artis dan orang-orang yang memiliki pembantu di rumahnya. Oleh karenanya, jangan sekali-kali kita meremehkan para pembantu. Tanpa kehadirannya, orang yang memiliki kesibukan padat, tentu akan kerepotan dibuatnya.

Penting direnungi bersama, pembantu juga manusia biasa (atau manusia pada umumnya) yang butuh jam istirahat, bersantai sejenak, waktu untuk beribadah, dan berbagai aktivitas lainnya. Meskipun kita memiliki sejumlah pembantu di rumah, bukan lantas kita dengan seenaknya menyuruh-nyuruh atau memforsir tenaga mereka hingga tak ada jeda untuk beristirahat. Jangan karena kita merasa sudah menggaji mereka hingga hak-hak kemanusiaan mereka tercerabut oleh kesewenang-wenangan kita.

Jangan Meremehkan Pembantu

Belum lama ini ramai diberitakan seorang artis dihujat oleh sebagian warganet karena dianggap telah merendahkan profesi pembantu. Dia sebenarnya hanya ingin membela rekan sesama artis yang tengah memperkarakan seorang haters yang telah menghina anak artis tersebut. Di sini saya tak akan membahas perseteruan mereka dengan haters atau dengan para warganet. Saya hanya ingin fokus pada profesi para pembantu yang tak boleh kita anggap remeh, apalagi sampai dengan seenaknya menghina mereka.

Kejadian artis yang dianggap telah menghina pembantu tersebut, menurut pengamatan saya, sebenarnya karena kekeliruan dalam memilih (menggunakan) kata yang tepat saat membela rekan sesama artis. Ditambah, intonasi serta gesture ketika mengucapkannya. Hal inilah yang memicu warganet, khususnya orang yang berprofesi pembantu, merasa tersinggung dan perlu untuk menegur sikap sang artis yang dinilai merendahkan profesi pembantu.

Mungkin, bahkan saya yakin, artis tersebut tak berniat menghina profesi para pembantu. Terlebih di rumahnya dia juga memiliki pembantu. Kekeliruan dalam memilih kata, gesture, serta intonasi bicaranya yang menurut saya telah memicu warganet yang berprofesi pembantu langsung meradang dan merasa terhina.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-Hati Budaya Nyinyir: Mulutmu Harimaumu, Netizen!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Inovasi Pemuda Bandung, Kulit Imitasi menuju Milan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:51 WIB

Indonesia Lahan Proxy War?

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:43 WIB

Insulinde Medaille untuk Kompetisi Klub Pribumi

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:27 WIB

Karena Faktor China, Asean Sulit Menekan Myanmar

Senin, 18 Oktober 2021 | 18:07 WIB

Hari Libur Tanggal Merah Keagamaan Diundur, Perlukah?

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:55 WIB

Babak Belur Peternak Ayam Petelur

Minggu, 17 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Sejarah Stasiun Padalarang: Kenangan Dahulu dan Kini

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:04 WIB

Catch Me if You Can di Tjimahi Tempo Doeloe

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:33 WIB

Nicolaas Vink, 50 Tahun Menjadi Anggota UNI

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Misteri Perang Bubat IV: Kolofon Carita Parahyangan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:36 WIB

Menyoal Upaya Pemulihan Ekonomi, Perlukah Alih Konsep?

Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:58 WIB
X